Pentingnya Pengelolaan Limbah Industri yang Tepat

pentingnya pengelolaan limbah
source: sakaenergi.com

Tidak hanya menunjang ekonomi negara, kegiatan industri ternyata juga menghasilkan limbah yang dapat berpengaruh negatif jika tidak ada pengelolaan limbah secara tepat. Penanganan limbah yang efektif dan berkala dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

Pengelolaan limbah menjadi sangat penting karena berpengaruh pada kelestarian lingkungan. Berikut ini sederet manfaat adanya pengelolaan limbah secara tepat. Simak pembahasannya sampai akhir, ya.

Efisiensi Energi

Pengelolaan limbah secara tepat meliputi pengolahan dan daur ulang sehingga bisa menghasilkan energi. Beberapa jenis limbah organik bisa berubah menjadi energi dalam bentuk biogas atau bahan bakar pengganti.

Adanya pemanfaatan limbah sebagai sumber energi membuat adanya pengurangan ketergantungan pada sumber energi utama yang terbatas. Tidak hanya itu, emisi gas rumah kaca yang dapat memengaruhi perubahan iklim juga bisa berkurang.

Pengurangan Polusi

Pengelolaan limbah secara efektif juga memiliki kontribusi terhadap pengurangan polusi. Limbah yang terbuang dengan sembarangan bisa mencemari air, tanah, dan udara. Selain itu, limbah juga mampu merusak ekosistem dan kesehatan manusia.

Dengan adanya pengelolaan limbah, dampak negatifnya terhadap lingkungan bisa terminimalkan. Hal ini sangat membantu menjaga kualitas kesehatan dan mengurangi risiko penyakit.

Efisiensi Sumber Daya Alam

Pengelolaan limbah secara tepat juga mampu memberikan dampak pada penghematan sumber daya alam. Ketika ada tindakan berupa mendaur ulang dan mengolah limbah, limbah bisa menjadi bahan yang masih bernilai dan bermanfaat.

Dengan cara tersebut, eksploitasi sumber daya alam baru dan kerusakan lingkungan akibat ekstraksi sumber daya bisa berkurang. Tidak hanya itu, langkah ini bisa membantu mengurangi dampak negatif limbah pada ekosistem sekitar industri.

Sebagai upaya memaksimalkan manfaat tersebut, sangat penting adanya kerja sama dan komitmen oleh pihak terkait, terutama pemilik industri. 

Dalam hal ini, PGN Saka sebagai industri energi Indonesia telah berkomitmen untuk berperan aktif dalam pelaksanaan program pengelolaan limbah.

Upaya yang PGN Saka lakukan berupa pengurangan limbah, pemanfaatan limbah dengan selalu berkontribusi secara aktif terhadap usaha pemberdayaan masyakarat sekitar, dan melaksanakan perbaikan berkelanjutan aspek pengurangan limbah.

Tidak hanya itu, PGN Saka juga berusaha memanfaatkan limbah sesuai rekomendasi dari hasil kajian Penilaian Daur Hidup dan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan upaya pengelolaan limbah.

PGN Saka bertanggungjawab atas limbah hasil kegiatan industrinya dengan menerapkan kebijakan Extended Procedur Responsible.

Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya pengelolaan limbah. Penasaran apa saja yang PGN Saka lakukan sebagai upaya pengelolaan limbah industrinya? Yuk, kunjungi www.sakaenergi.com untuk informasi lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Pentingnya Pengelolaan Limbah Industri yang Tepat "