Kenalan dengan Menu Market Info di IPOT PRO, Kala Memantau Saham Jadi Makin Mudah

Menu market info IPOT

Seringkali kebingungan saat hendak mencari data market saham real-time yang akurat? Maka ini saatnya Anda berkenalan dengan menu Market Info di IPOT PRO.

Apalagi, mengetahui kondisi pasar sebelum berinvestasi sangat penting bagi para investor karena segala keputusan yang dibuat dapat mempengaruhi hasil investasi Anda.

Oleh karena itu, hadirnya menu Market Info di aplikasi investasi seperti IPOT ini dapat membantu Anda memahami kondisi pasar sehingga mampu membuat keputusan yang lebih akurat.

Pentingnya Mengetahui Kondisi Pasar Modal Sebelum Berinvestasi

Tentunya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat hendak memutuskan untuk berinvestasi di pasar modal (market). Sebab segala instrumen di pasar modal mampu memberikan potensi keuntungan tapi juga dibarengi dengan risiko kerugian.

Oleh karena itu, supaya bisa memaksimalkan keuntungan dan menghindari kerugian maka memahami kondisi pasar modal menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. 

Beberapa manfaat mengetahui kondisi market ini mulai dari menghindari risiko yang tidak terduga, mengidentifikasi peluang investasi, menyesuaikan strategi hingga menghadapi keputusan yang impulsif.

Jadi Anda bisa lebih percaya diri baik untuk memulai investasi ataupun melakukan diversifikasi untuk meningkatkan keuntungan. 

4 Menu Market Info di IPOT PRO untuk Bantu Analisis Investasi Anda

Melihat krusialnya pengetahuan mengenai market secara utuh membuat aplikasi IPOT mengembangkan menu market Info. 

Menu ini bisa Anda akses pada tampilan PRO yang ditujukan bagi para investor profesional yang ingin mengetahui kondisi market secara real time setiap harinya.

Dalam rangka menunjang semua kebutuhan informasi mengenai pasar modal ini, menu Market Info di IPOT PRO ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang yang menarik untuk diketahui, diantaranya adalah:

1. IHSG

Menu market info IPOT

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) adalah indeks pasar saham utama di Bursa Efek Indonesia (BEI), yang mencerminkan kinerja rata-rata saham-saham perusahaan terdaftar di bursa tersebut. Oleh karena itu, kehadiran fitur ini di menu Market Indo memungkinkan Anda untuk memantau IHSG. 

Sebab ada beberapa urgensi memantau IHSG bagi para investor mulai dari memberikan indikator performa kesehatan pasar saham, sekaligus membantu dalam mengambil keputusan investasi yang lebih terinformasi.

Kenaikan IHSG ini bisa menjadi tanda potensi pertumbuhan nilai saham, sedangkan penurunan bisa menjadi peringatan potensi risiko yang perlu diwaspadai.

Selain itu, pengetahuan IHSG ini juga dapat menjadi gambaran mengenai sentimen pasar dan persepsi investor terhadap kondisi ekonomi dan politik saat itu. 

Jadi para investor dapay lebih cepat merespons perubahan pasar, baik itu perubahan tren atau situasi eksternal yang dapat mempengaruhi pasar saham.

2. Sectoral

Menu market info IPOT

Sesuai namanya, fitur Sectoral memiliki fungsi utama untuk memantau sektor-sektor saham melalui kode yang tersedia. 

Ada berbagai macam kode sektor saham yang dapat Anda pantau di fitur ini mulai dari finance, infrastruktur, manufaktur, consumer, properti, hingga Agri. 

Selain itu, ada juga kode-kode khusus lainnya yang dapat Anda pantau performanya secara menyeluruh mulai dari LQ45, IDX30, JII, Kompas100 dan masih banyak lagi

Hadirnya fitur sectoral di menu market info pada IPOT PRO ini mampu membantu Anda untuk mengidentifikasi sektor-sektor yang yang memiliki potensi pertumbuhan di masa depan. Ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan peluang investasi yang lebih besar. 

Selain itu, memantau sektor-sektor saham pada fitur ini juga mampu membantu Anda dalam merencanakan diversifikasi portofolio yang baik agar potensi risiko dapat diminimalisir.

3. Top Broker

Menu market info IPOT

Fitur ketiga yang dimiliki oleh menu Market Info yang tentunya tidak kalah menarik untuk dikaji adalah “Top Broker”. 

Broker sendiri merupakan sebuah perusahaan atau lembaga yang memfasilitasi transaksi jual beli saham di pasar modal. 

Biasanya mereka bertindak sebagai perantara antara investor dan bursa efek sehingga memungkinkan para investor untuk melakukan transaksi saham dengan lebih mudah dan efisien.

Oleh karena itulah, valuasi broker yang besar dapat menjadi tanda banyaknya transaksi jual beli saham di dalamnya.

Pada fitur Top Broker ini, Anda dapat mengurutkan broker mana pada hari tersebut yang memiliki nilai valuasi tertinggi. 

Jika Anda klik salah satu nama broker tersebut, maka Anda dapat melihat daftar saham apa saja yang paling banyak diperdagangkan melalui jasa mereka.

Kode Broker

Biasanya, hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi para investor untuk melihat adanya sebuah sentimen di pasar. Dimana saham dengan valuasi tertinggi di sebuah broker dapat menjadi pertanda adanya potensi yang bisa dipertimbangkan.

Sayangnya sejak 6 Desember 2021, BEI resmi menerapkan penutupan kode broker sepanjang jadwal perdagangan sehingga datanya tidak bisa diakses real-time. 

Penutupan kode ini ditujukan untuk meminimalisir adanya herding behavior dan front running, perilaku investor yang terlalu mengekor pada broker. Semua data lengkapnya ini bisa Anda akses setelah jam 5 sore.

4. Indeks Kurs Komoditas

Menu market info IPOT

Indeks kurs komoditas merupakan sebuah indeks yang mengukur perubahan harga atau nilai sekelompok komoditas dalam jangka waktu tertentu. 

Komoditas ini biasanya berupa barang-barang dasar yang diperdagangkan secara luas dan meliputi berbagai jenis, seperti logam, energi, pertanian, dan lain-lain.  Jadi, fitur indeks kurs komoditas ini sengaja dirancang untuk memberikan gambaran tentang perubahan harga atau nilai komoditas secara keseluruhan.

Cari Aplikasi Investasi Berkualitas? IPOT Solusinya!

Menu market info IPOT

Setelah mengetahui berbagai fitur penting dari menu Market Info yang bisa Anda akses di IPOT PRO, tentu Anda akan semakin menyadari betapa pentingnya informasi data dalam membantu keputusan berinvestasi.

Atas alasan inilah aplikasi investasi seperti IPOT terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya, bahkan pemula sekalipun. 

Bahkan yang terbaru, IPOT menghadirkan 2 fitur menarik mulai dari form investasi bermana IPOT Buzz untuk membantu pengguna mendapatkan informasi serta fitur simulasi investasi.

Semua fitur hebat dari IPOT tersebut sudah bisa Anda akses dengan mudah tanpa registrasi loh! 

Yuk tunggu apa lagi? Jika Anda sedang mencari aplikasi investasi yang dapat diandalkan untuk belajar, memperdalam analisis dan mudah dalam bertransaksi maka #PakeAjaDulu IPOT!

Posting Komentar untuk "Kenalan dengan Menu Market Info di IPOT PRO, Kala Memantau Saham Jadi Makin Mudah"