Ketahui Bahaya Penggunaan GB WhatsApp dan Socialspy WhatsApp

bahaya penggunaan gb whatsapp dan socialspy whatsapp

WhatsApp menjadi aplikasi pesan yang sangat populer saat ini. Kamu, teman, sampai keluarga pasti memiliki aplikasi yang satu ini untuk berkomunikasi. Akan tetapi, kini hadir WhatsApp dengan versi yang berbeda bernama GB dan Socialspy WhatsApp.

Melansir dari Tempo, GB WhatsApp merupakan versi modifikasi dari WA resmi yang telah pihak ketiga kembangkan. Tujuan hadirnya adalah menambah beberapa layanan lain ke WA. Dengan begitu, aplikasi ini tidak mempunyai jaringan ke WA Inc sama sekali.

Sedangkan, Socialspy WhatsApp merupakan aplikasi yang pernah mengklaim memberikan langkah mudah dalam mengawasi pengguna WA lain. Namun, faktanya, Socialspy WA sama bahayanya dengan GB WA.

Lalu, apa saja bahaya kedua aplikasi tersebut? Yuk, simak pembahasannya berikut ini agar kamu tidak mengalaminya.

Akun Terblokir

WA berkomitmen untuk bertindak tegas pada pengguna GB WA dengan melakukan pemblokiran akun. Mulai dari sementara sampai permanen. 

Pihak WA juga mengungkapkan bahwa tidak akan bertanggung jawab atas penggunaan aplikasi GB karena tidak bisa memvalidasi keamanannya.

Ancaman Virus

Smatphone pengguna GB WA memiliki peluang lebih besar untuk terkena virus. Hal ini terjadi karena tidak adanya sistem Play Protect atau perlindungan lainnya dari GB WA. Virus malware dan spyware bisa dengan mudah masuk ke dalam ponsel.

Hampir sama dengan GB WA, Socialspy juga sangat memungkinkan smartphone menjadi lebih mudah rusak. Selain adanya pengisian survei, ada juga perintah menginstal aplikasi yang tidak jelas. Alih-alih ingin mendapatkan informasi rahasia pengguna WA lain, perangkat pengguna Socialspy justru bisa tersusupi malware dan spyware.

Rendahnya Privasi

WA yang resmi akan mengedepankan privasi para penggunanya. Hal ini bisa terlihat dari fitur enkripsi End-to-end yang berguna untuk mengamankan percakapan pesan pengguna.

Akan tetapi, GB WA melakukan sebaliknya. Bahkan, pesan yang telah tertarik pun masih bisa terlihat oleh penggunanya.

Tidak Ada Pemeriksaan Keamanan

WA yang legal pasti memonitor keamanan para penggunanya secara rutin. WA akan mencegal berbagai hal yang tidak diinginkan seperti perentasan keamanan yang mengancam privasi penggunanya.

Sementara GB WA dan Socialspy justru tidak peduli dengan keamanan para penggunanya. Seperti seperti yang sebelumnya telah terbahas bahwa penggunanya harus mengisi beberapa survei pada waktu yang berbeda. Survei tersebut biasanya meminta data pribadi pengguna. Tentunya, akan sangat bahaya jika kamu memasukkan data pribadi pada survei tersebut.

Itulah bahaya yang GB WA dan Socialspy WA miliki. Kamu harus menghindarinya dan tetap menggunakan WA yang resmi agar keamanan komunikasimu terjaga. Kamu bisa mempelajari lebih banyak terkait penggunaan WA hanya di Tempo. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Ketahui Bahaya Penggunaan GB WhatsApp dan Socialspy WhatsApp"