Cuaca Tak Menentu? Berikut Tips Agar Anak Tidak Mudah Sakit

tips agar anak tidak mudah sakit saat cuaca tak menentu

Cuaca yang tidak menentu memang bisa membuat tubuh anak mudah terserang penyakit, seperti pilek, batuk, atau asma. Orangtua perlu mengetahui cara pencegahan yang tepat agar anak tidak mudah sakit saat cuaca berubah-ubah.

Melansir dari Suara.com, cuaca yang kering dan panas menyebabkan air cenderung lebih keruh. Udara yang terhirup pun mengandung lebih banyak kotoran dan debu sehingga bisa berdampak kurang baik bagi tubuh.

Ketika sering hujan, air menjadi lebih mudah terkontaminasi mikroorganisme jahat. Inilah alasanya cuaca yang tidak menentu bisa menyebabkan imunitas tubuh anak melemah dan mudah terserang penyakit.

Lalu, apa yang seharusnya orang tua lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak? Simak pembahasannya berikut ini, ya.

Membiasakan Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah cara yang efektif untuk mencegah serangan berbagai penyakit. Oleh sebab itu, orangtua perlu mengajari anaknya menjaga kebersihan diri dengan mandi secara rutin, menggunting kuku, dan memakai alas kaki ketika keluar rumah.

Hal yang tak kalah penting adalah membiasakan anak untuk mencuci tangan. Terutama, sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh hewan, setelah dari toilet, dan setelah batuk atau bersin.

Mengajak Berolahraga Secara Rutin

Olahraga rutin bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh anak. Maka dari itu, orangtua perlu mengajak anak berolahraga setidaknya 60 menit sehari dan mampu menjadi contoh baik untuk si Kecil.

Tak perlu pergi ke pusat kebugaran, cukup ajak anak aktif bergerak seperti berenang, bermain basket, atau hanya lari kecil di sekitar rumah. Orangtua juga bisa mengajari anak berlatih push up atau sit up untuk menguatkan ototnya.

Memastikan Waktu Tidur yang Cukup

Kualitas tidur yang buruk dapat menurunkan produksi sitokin yang bertugas sebagai penangkal berbagai radang dan infeksi. Oleh sebab itu, orangtua juga perlu memastikan bahwa tidur anak cukup. 

Waktu ideal tidur untuk anak yang berusia 3-5 tahun adalah 10-13 jam per hari. Sedangkan, anak yang berumur 6-13 tahun adalah 9-11 jam per hari.

Memberikan Makanan Bergizi

Nutrisi dalam makanan bisa membantu dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh anak, terutama saat cuaca sedang tak menentu. Apabila masih bayi, orangtua bisa memastikan bahwa anak mendapat ASI eksklusif.

Jika anak sudah bisa mengonsumsi makanan, orangtua bisa memberikan asupan buah dan sayur yang berwarna-warni. Vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur seperti A dan E memiliki peran penting dalam menangkal beragam penyakit.

Itulah beberapa cara yang bisa orangtua lakukan untuk mencegah anak gampang sakit saat cuaca sering berubah-ubah. Untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan anak lainnya, silakan kunjungi Suara.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cuaca Tak Menentu? Berikut Tips Agar Anak Tidak Mudah Sakit "