Cara Mencegah Flu Supaya Tidak Bertambah Parah

cara mencegah flu supaya tidak bertambah parah

Flu adalah penyakit yang terjadi karena infeksi virus, biasanya virus akan menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu sangat umum terjadi di musim pancaroba seperti sekarang ini. Gangguan kesehatan sangat menular ke orang lain, terutama 3-4 hari pertama setelah terinfeksi virus.

Walaupun, flu menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling umum terjadi, namun gejala yang penderitanya rasakan bisa sangat mengganggu. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengobati flu yang baru muncul sebelum keadaannya semakin parah.

Berikut ini langkah yang bisa kita lakukan agar flu tidak bertambah parah. Simak sampai akhir, ya.

Minum Banyak Cairan

Tubuh membutuhkan air agar fungsinya bisa berjalan dengan optimal, termasuk untuk melawan infeksi. Kekurangan cairan bisa membuat gejala flu semakin parah. Kebutuhan cairan tidak hanya bisa kita penuhi dengan air minum, tetapi bisa dengan mengonsumsi sup, air kaldu, maupun buah segar.

Kita bisa memperoleh asupan cairan dari mana saja, kecuali minuman yang mengandung tinggi gula. Walaupun begitu, air mineral tetap menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Istirahat yang Cukup

Tidur merupakan bagian penting untuk pemulihan kesehatan tubuh. Ketika kita mulai merasa gejala flu seperti bersin, ingusan, atau mata berair, kita bisa memastikan bahwa durasi tidur cukup. Hal ini akan memberikan sistem imun tubuh kesempatan untuk melawan infeksi.

Orang yang kurang waktu istirahatnya akan berisiko jauh lebih besar terkena flu daripada orang yang tidur lebih dari 7 jam setiap malam. Oleh sebab itu, cara mengatasi flu yang baru mulai adalah memperbanyak istirahat yang cukup setiap malam.

Mengelola Stres

Stres bisa membuat kekebalan tubuh melemah sehingga kita lebih mudah terserang infeksi. Tidak hanya itu, ketika merasa stres, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat dan membuat sistem imun tubuh semakin rentan.

Oleh karena itu, saat tubuh mulai terkenal flu, lebih baik kelola stres dan melakukan kegiatan yang bisa membuat tubuh merasa rileks. Beberapa kegiatan yang bisa membantu seperti latihan pernapasaan dalam, berolahraga, meditasi, mandi air hangat sebelum tidur, dan mendengarkan musik.

Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Asupan makanan memiliki peran penting dalam mencegah flu yang terjadi. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seimbang, dan beragam, sistem imun akan lebih terjaga. Oleh sebab itu, sistem kekebalan tubuh akan tetap kuat dan lebih efektif dalam melawan infeksi.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar flu tidak semakin parah. Ingin informasi lainnya mengenai kesehatan? Yuk, segera kunjungi www.ashefanews.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Mencegah Flu Supaya Tidak Bertambah Parah"