Bacaan Doa Saat Bersilaturahim, Ketahui Keutamaannya

bacaan doa saat bersilaturahim

Setiap umat Islam dianjurkan untuk menjalin hubungan baik dengan menjaga silaturahim. Biasanya, momen saling mengunjungi di hari raya Idul Fitri menjadi kesempatan yang baik untuk memperat jalinan antar tetangga maupun keluarga.

Bagi kamu yang ingin berkunjung untuk silaturahim, lengkapilah doa dan niat silaturahim agar mendapat keberkahan. Tidak hanya saat hari raya Idul Fitri, kamu bisa mengucapkan doa berikut ini ketika bersilaturahim ke tetangga, rekan, maupun kerabat kapan pun.

Mendoakan Agar Amal Ibadah Diterima

Doa yang bisa kamu ucapkan saat silaturahim adalah “Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanaallaahu wa iyyaakum minal 'aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.”

Doa ini mengandung arti : “Semoga Allah menerima semua (amal ibadah) kami serta kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah.”

Mendoakan Keberkahan dan Ampunan

Doa selanjutnya, yakni “Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum waghfir lahum warhamhum.” Arti dari bacaan doa tersebut : “Ya Allah berkahilah mereka dalam semua hal yang Engkau rezekikan kepadanya, serta ampuni dan sayangilah mereka.”

Mendoakan Kebaikan Dunia dan Akhirat

“Rabbana, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina adzaban naar.” Doa ini memilki arti : “ Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksanya neraka.”

Mendoakan Kemuliaan Agama

“Allahummaghfir lil mukminiina wal mukminaat wal muslimiinaa wal muslimaat al-ahyaa-i minhum wal amwaat. Innaka samii’un qariibun mujiibud da’wat yaa qadhiyal hajat.”

Doa yang satu ini mengandung arti : “Ya Allah, muliakanlah agamu-Mu, jadikanlah Islam menjadi jalan keluar bagi kaum kami. Jadikanlah, para ulama bersatu, yakni para ulama yang menjadi tauladan bagi umatnya Rasul-Mu. Lindungilah umat Islam dari perpecahan, lindungilah mereka dari kehinaan. Berkahilah hari ini bagi siapapun yang bermunajat mengiba kepada-Mu.”

Keutamaan Menjaga Silaturahmi dalam Islam

Keutamaan menjaga silaturahim dalam Islam adalah menjauhkan diri dari siksa neraka. Seorang muslim yang mampu menjalin kembali tali silaturahim, maka akan terhindar dari api neraka. Selain itu, mereka yang selalu berusaha menjaga silaturahim akan memiliki umur panjang dan rezeki yang lapang.

Tidak hanya itu, mengunjungi sanak saudara dan anggota keluarga adalah salah satu cara untuk mewujudkan kerukanan dan keharmonisan. Sedangkan, orang yang suka memutus tali silaturahim merupakan perusak kehidupan sehingga hatinya tidak akan tenang.

Oleh sebab itu, silaturahim menjadi hal yang penting bagi setiap umat muslim. Ingin tahu lebih banyak doa dan niat dalam Islam? Yuk, kunjungi www.ashefanews.com. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Saat Bersilaturahim, Ketahui Keutamaannya"