Inilah Penyebab Bisnis Gagal Saat Beralih ke Online

penyebab bisnis gagal saat beralih ke online

Tahukah Anda jika sebanyak 90 persen toko online telah mengalami kegagalan hanya dalam waktu 3 bulan semenjak toko ada. Melansir dari CNBC, banyak bisnis online tanah air yang tidak sedikit akhirnya tumbang.

Bahkan, bisnis yang gulung tikar tersebut tidak hanya brand kecil saja, tetapi juga brand yang sudah memiliki nama. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui berbagai hal yang memiliki peluang membuat bisnis online menjadi terhambat.

Berikut ini berbagai masalah yang bisa muncul ketika Anda beralih bisnis ke online. Simak pembahasannya sampai akhir, ya.

Tidak Memiliki Tujuan

Mungkin Anda terlintas pertanyaan, bagaimana bisa bisnis yang beralih ke online tanpa ada tujuan yang jelas? Ya, setiap bisnis yang beralih ke online memang mempunyai tujuan. Misalnya, menjangkau pasar yang lebih luas atau meningkatkan kredibilitas bisnis.

Namun, apakah tujuan yang sudah Anda rencanakan tersebut sudah detail? Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang penting. Tujuan yang jelas akan berpengaruh pada keputusan bisnis online Anda dalam jangka panjang.

Apabila bisnis online tidak memiliki perencanaan yang matang, maka Anda akan kesulitan dalam menentukan arah bisnis di masa mendatang.

Belum Siap Online

Banyak pengusaha yang menggampangkan bisnis online. Tidak sedikit yang berpikir bisnis bisa berjalan hanya dengan membuat website atau akun media sosial. Sebenarnya, bisnis online memang semudah itu, namun membangun platform online tanpa tahu cara penggunaannya sama seperti membeli motor tanpa belajar mengendarainya.

Nyatanya, berdasarkan riset, ada 44 persen pengusaha yang beralih ke online mengaku kurang memiliki skill maupun wawasan digital sehingga kesuksesan bisnis mereka terhambat. Itulah sebabnya Anda perlu menambah wawasan sebelum terjun ke dunia online, terutama digital marketing.

Perencanaan Pemasaran yang Kurang Detail

Ketika Anda sudah memiliki tujuan yang jelas dan telah belajar mengenai digital marketing. Namun, bisnis online belum bisa mencapai target keuntungan dari pemasaran secara online. Berarti, ada masalah terkait pemasaran yang Anda lakukan.

Promosi online Anda belum tereksekusi dengan baik. Cara untuk mengatasinya adalah adanya perencanaan secara matang dan detail. Dengan begitu, kemungkinan gagal akan semakin kecil.

Kehabisan Modal

Masalah yang biasanya pengusaha alami sejak awal adalah memasang biaya yang terlalu tinggi untuk pemasaran secara online. Padahal, promosi yang efektif berasal dari trial and error. Tentunya, membutuhkan waktu untuk meningkatkan efektivitas pemasaran.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan testing lebih sebelum menghabiskan banyak dana untuk promosi online.

Selain itu, Anda juga harus belajar cara memulai bisnis bagi para pemula. Tenang saja, Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai bisnis hanya di CNBC. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Inilah Penyebab Bisnis Gagal Saat Beralih ke Online"