Ketahui Perawatan yang Tepat Bagi Penderita Bipolar

perawatan yang tepat bagi penderita bipolar

Bipolar menjadi salah satu gangguan kesehatan mental yang mempunyai beberapa tanda seperti perubahan emosi yang terjadi secara tiba-tiba. Dalam waktu yang sangat singkat, penderitanya bisa mengalami perasaan sangat bahagia dan perasaan terpuruk.

Sampai saat ini belum ditemukan apa yang menjadi penyebab pasti seseorang bisa mengalami bipolar. Akan tetapi, ada yang menyebutkan bahwa munculnya bipolar karena adanya gangguan pada senyawa alami yang bertugas untuk menjaga fungsi otak.

Lalu, bagaimana langkah perawatan yang bisa penderita bipolar lakukan untuk mengurangi gejalanya? Dokter atau psikolog menyarankan untuk melakuan serangkaian perawatan dengan obat dan terapi khusus untuk menangani masalah bipolar ini.

Sementara itu, perawatan keadaan ini mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga kepatuhan para penderitanya sangat berperan penting dalam keberhasilan upaya. Berikut ini rangkaian perawatan yang bisa penderitanya lakukan.

Mengonsumsi Obat

Salah satu cara untuk mengatasi penyakit mental seperti bipolar adalah dengan mengonsumsi obat-obatan.

Terdapat berbagai jenis obat dengan fungsinya masing-masing yang bisa penderita bipolar gunakan seperti obat anti-kecemasan. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pemeriksaan pada ahlinya lebih dulu agar mendapatkan obat yang tepat.

Psikoterapi

Rangakaian perawatan untuk para penderita bipolar berikutnya adalah dengan cara psikoterapi. Ada banyak jenis terapi yang bisa penderita lakukan, seperti Interpersonal and Social Rhythm Therapy (IPSRT).

Terapi IPSRT berfokus pada konsistensi ritme harian seperti bangun, tidur, dan makan. Rutinitas yang teratur memungkinkan manajemen suasana hati yang lebih baik. Masih banyak lagi terapi yang bisa penderita konsultasikan dengan ahlinya.

Mengatur Gaya Hidup

Salah satu cara mengatasi penyakit mental lain adalah mengubah gaya hidup. Dengan cara ini, gejala bipolar akan lebih terkendali dan penderita bisa menghindari risiko penyakit yang semakin memburuk.

Beberapa caranya seperti berhenti merokok atau mengonsumsi alkohol, banyak melakukan aktivitas olahraga, dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Selain itu, banyak minum air putih juga bisa membantu menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental.

Tidak hanya itu, peran orang sekitar juga sangat penting untuk mengatasi gangguan kesehatan ini. Oleh sebab itu, lingkungan sekitar harus peduli kepada siapa saja yang mengalami gangguan kesehatan mental.

Bipolar memang masalah kesehatan mental yang tidak bisa sembuh 100% atau hilang sama sekali. Akan tetapi, pengobatan atau perawatan yang telah penderitanya lakukan bisa menurunkan gejala dan menimbulkan perubahan suasana hati yang lebih terkontrol.

Sebelum melakukan perawatan yang tepat, kita perlu mengetahui apa saja gejala bipolar tersebut. Langkah ini berguna untuk deteksi sejak dini agar Bipolar segera mendapat penanganan yang tepat. Semoga membantu!

Posting Komentar untuk "Ketahui Perawatan yang Tepat Bagi Penderita Bipolar"