Apa Itu OSIS? Berikut Tugas dan Bentuk Kepengurusannya

apa itu OSIS

Bagi pelajar yang saat ini duduk di bangku SMP atau SMA/SMK, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya OSIS, karena bersinggungan langsung dengan kegiatan dan organisasi yang ada di sekolah. OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) umumnya berada di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Dalam strukturnya, pengurus dipilih oleh siswa dalam lingkup sekolah. Tujuannya untuk mencapai keterampilan tertentu serta memupuk nilai organisasi dan musyawarah dalam sebuah kelompok. Umumnya, OSIS juga mempunyai pembimbing dari kalangan guru yang dipilih pihak sekolah karena memiliki keterampilan dalam bidang tertentu.

Tugas OSIS

Secara harfiah, OSIS memiliki tugas untuk mengendalikan aktivitas siswa agar mencapai tujuan yang positif. Siswa yang ambil bagian dalam OSIS atau biasa disebut sebagai pengurus OSIS mempunyai tugas masing-masing. Mengingat adanya visi misi OSIS dan spesifikasi bidang jabatan yang diembankan kepada mereka.

Selain pengurus OSIS, guru pun bertanggung jawab menjadi pembina organisasi dengan tujuan mengawasi jalannya kepengurusan agar lebih terarah dalam melakukan kegiatan-kegiatannya.

Kepengurusan OSIS

Siapapun bisa menjadi pengurus OSIS. Akan tetapi, karena menjadi pengurus OSIS memiliki beban tersendiri, maka diadakan seleksi untuk menentukan siswa yang akan menjadi pengurus OSIS.

Biasanya, pengurus inti OSIS di sekolah adalah siswa-siswi yang duduk di kelas VIII SMP atau XI SMA. Mengingat siswa yang berada di tingkat tersebut tidak memiliki beban belajar seberat siswa yang duduk di kelas IX SMP atau XII SMA, serta sudah memiliki lebih banyak pengalaman dibandingkan dengan siswa yang duduk di kelas VI SMP dan X SMA.

Komposisi pengurus OSIS juga disesuaikan bisa mewakili seluruh kelas dan seimbang antar jenis kelamin. Untuk masa kepengurusan OSIS, umumnya disesuaikan dengan satu tahun masa ajaran, yakni pada bulan Juli dan berakhir pada bulan Juni tahun depannya.

Berdasarkan ulasan di atas, OSIS adalah organisasi sekolah yang selalu bersinggungan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan sekolah. Terkadang, menjadi pengurus OSIS membuat siswa-siswi harus berada di luar sekolah untuk melaksanakan tugas.

Mengisi absensi secara langsung tentunya akan sulit. Pijar Sekolah hadir menjawab permasalahan tersebut. Sistem manajemen sekolah ini memiliki fitur absensi yang bsia diakses secara jarak jauh.

Selain itu, terdapat juga fitur konten pembelajaran, uji kompetensi dan penilaian, CMS konten dan masih banyak lagi. Kunjungi laman pijarsekolah.id untuk mengetahui informasi yang lebih jelas dan lengkap. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Apa Itu OSIS? Berikut Tugas dan Bentuk Kepengurusannya"