KTT G20 di Indonesia Kapan? Yuk Simak Sebagai Berikut!

Konferensi Tingkat Tinggi G20 atau KTT merupakan salah satu pertemuan ketujuh belas dari kelompok Dua Puluh (G20) mendatang. Dimana KTT ini sendiri merupakan klimaks dari beberapa proses pertemuan G20 berupa rapat tingkat kepala negara atau pemerintahan anggota G20.

Untuk pertama kalinya Indonesia diamanahi sebagai pemegang Presidensi G20 pada tahun 2022. Pasti penasaran kan, kapan sih KTT G20 di Indonesia akan dilaksanakan?. Berikut pembahasan lebih lanjut terkait G20. 

Penyerahan Presidensi ke Indonesia

Pada tanggal 30-31 Oktober KTT G20 sebelumnya terlaksana di Roma, Italia. Pada waktu itu juga dilakukan serah terima kedudukan Presidensi dari Italia ke Indonesia. Nah, setelah Indonesia menerima Presidensi dari seluruh anggota Konferensi Tingkat Tinggi di Italia G20 atau G20 Leader’s Summit.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia akan berperan dalam menentukan segala agenda prioritas. Selain itu Indonesia juga akan memimpin rangkaian pertemuan di G20. Tentunya hal ini juga termasuk prestasi bagi Indonesia karena telah diberikan kepercayaan tingkat Internasional untuk memegang amanah presidensi. 

Kapan KTT G20 di Indonesia Dilaksanakan?

Konferensi Tingkat Tinggi G20 ini sendiri akan dilaksanakan di Bali pada bulan November 2022 mendatang. Untuk memastikan persiapan dari penyelenggaraan KTT G20. Mulai Oktober 2021 lalu presiden Jokowi beserta staffnya telah mulai meninjau beberapa fasilitas yang mungkin akan digunakan selama pelaksanaan KTT G20.

Pada momen KTT G20 ini juga dimana Presidensi G20 akan memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk menampilkan keberhasilan reformasi yang telah dicapai di tengah-tengah pandemic.

Keberhasilan tersebut antara lain dengan menggunakan Undang-Undang Cipta Kerja serta Sovereign Wealth Fund. Dengan harapan para investor Global percaya ke Indonesia dan membantu percepatan dalam pemulihan ekonomi nasional.

Selain itu pemerintah juga telah berkomitmen untuk menggunakan forum ini sebagai pendorong kepentingan Indonesia. Kepentingan tersebut tentunya yang berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia dan kerjasama produksi serta distribusi vaksin.

Mengapa Bali?

Pemerintah menunjuk Provinsi Bali dari 32 provinsi yang ada di Indonesia sebagai tempat pelaksanaan KTT G20 di Indonesia 2022 tentunya ada alasan tersendiri. Dimana Bali merupakan provinsi yang kaya akan keindahan dan wisata alam.

Jadi pemerintah akan memanfaatkan momentum dari pertemuan forum ini untuk sekaligus memperkenalkan tempat wisata yang sangat indah di Bali. Sehingga harapannya pesona Bali dapat memikat mata para wisatawan asing baik yang terlibat di forum maupun secara umum.

Dengan adanya Indonesia G20 ini pemerintah telah memperkirakan aspek ekonomi yang bisa diserap. Salah satunya adalah terdapat peningkatan pendapatan domestik. Hal itu terdiri dari peningkatan konsumsi domestik yang mencapai hingga Rp1.7 Triliun, penambahan PDB nasional, pelibatan UMKM hingga pada penyerapan tenaga kerja.

G20 di Indonesia ini tentu sangat menguntungkan bagi Indonesia pada sektor apapun. Terutama pada sektor pariwisata tentunya. Karena banyak sekali wisata dengan potensi luar biasa yang memikat hati. Untuk merayakan World Tourism Day Anda patut bangga atas berbagai tempat pariwisata yang sangat luar biasa di tanah air tercinta ini.

Posting Komentar untuk "KTT G20 di Indonesia Kapan? Yuk Simak Sebagai Berikut!"