Memahami Apa Itu Nilai tukar Pada Mata uang

Nilai tukar atau disebut dengan kurs adalah Nilai tukar antara dua negara yang sudah disepakati oleh kedua penduduk negara untuk bidang perdagangan. Kurs sendiri adalah perbandingan nilai harga Mata uang dengan Mata uang lain yang diukur dan dinyatakan pada setiap waktu yang disesuaikan dengan keadaan perdagangan dunia.

Nilai kurs akan mempengaruhi harga beli dengan Mata uang di negara tertentu. Maka tidak heran mengapa para pebisnis di setiap sektor membutuhkan update informasi kurs yang akurat, agar bisa tahu apakah kurs yang naik mempengaruhi bisnisnya atau tidak.

Jenis-jenis Kurs

Nilai tukar tentu saja akan berpengaruh ketika anda menukarkan Mata uang tertentu ke Mata uang negara lain misalnya untuk urusan liburan ke luar negeri atau perjalanan bisnis. Untuk jenis-jenis kurs terdapat 4 jenis sebagai berikut.

Kurs Dari Bank Indonesia

Yang pertama adalah kurs yang diterbitkan oleh Bank Indonesia di tahun 2013. Kurs ini bisa jadi acuan untuk transaksi dengan valuta asing. Kegiatan ini disebut juga dengan istilah JISDOR atau Jakarta Interbank Spot Dollar Rate.

Adapun nilai kurs bisa menjadi patokan perdagangan rupiah di pasar forex. Umumnya Bank Indonesia akan mempublikasikan hasil nilai Mata uang pada jam 10 pagi sampai 4 sore di situs resmi Bank Indonesia.

Kurs Beli

Untuk kurs beli merupakan jenis kurs yang digunakan untuk beli valuta asing. Adapun kurs ini bisa jadi referensi siapapun baik pedagang, yang melakukan trading ataupun orang personal untuk melakukan transaksi.

Kurs Jual

Kurs jual digunakan untuk menjual valas, bagi yang berkepentingan dalam perdagangan dan transaksi di suatu negara. Menjual valuta asing bisa dilakukan oleh siapapun baik perbankan maupun trader dan pihak lainnya.

Kurs Tengah

Adalah kurs untuk membagi kurs beli dan jual yang bisa dihasilkan dengan rumus menjumlahkan kurs jual dan beli lalu dibagi 2. Perhitungan ini akan jadi pertengahan antara kedua kurs. Umumnya kurs tengah banyak digunakan oleh perusahaan asing di Indonesia untuk menyajikan laporan keuangan.

Karena umumnya informasi keuangan yang digunakan dalam bentuk Mata uang asing yang diberlakukan oleh perusahaan tersebut.

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa itu Nilai tukar atau kurs pada sebuah Mata uang. Untuk mengetahui update seputar kurs, Anda bisa mengunjungi website brocerdas.com. Di mana pada website ini berisi informasi seputar business and ecomony, treading investment hingga personality.

Posting Komentar untuk "Memahami Apa Itu Nilai tukar Pada Mata uang"