Pengusaha Wajib Tahu, Inilah Fungsi Point of Sales Untuk Memperlancar Usaha

Dalam dunia bisnis, Point of Sales atau biasa disingkat menjadi POS bisa diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register), di mana titik tersebut merupakan proses akhir dari transaksi jual-beli atas sebuah barang. Sederhananya, POS adalah sistem yang bisa memperlancar suatu usaha. Hal ini banyak ditemui terutama pada bisnis di bidang ritel (retail) yang memiliki banyak cabang.

Pada sistem POS, penjual akan menghitung seluruh jumlah harga pembelian yang dilakukan konsumen, memberikan pilihan kepada mereka untuk melakukan pembayaran dan mengeluarkan tanda terima transaksi pembelian (struk).

Aplikasi Point of Sale hanya bisa kita temukan pada mesin kasir berbasis Android, PC, tablet dan juga smartphone. Aplikasi tersebut akan membantu pengusaha untuk meningkatkan efisiensi kerja dalam mengelola penjualan produk atau barang kepada pelanggan. Selain itu, terdapat fungsi-fungsi lain dari POS yang bisa memperlancar kegiatan usaha kita. Yuk simak ulasannya berikut ini! 

Fungsi Point of Sales Bagi Pelaku Usaha

Adapun fungsi-fungsi Point of Sales bagi pelaku usaha ialah sebagai berikut: 

  1. Melakukan pendataan setiap transaksi secara detail dan lengkap, sehingga bisa menjumlahkan hasil penjualan pada saat itu juga ataupun bisa dipilih dalam periode waktu tertentu. 
  2. Bisa menggunakan cek persediaan barang di mana pin secara acak. Hal tersebut bisa mengurangi kecurangan atau kelalaian kita dan para karyawan. 
  3. Bisa mengetahui laporan penjualan usaha secara online dan real-time. 
  4. Kita bisa mengubah harga jual dengan mudah dan cepat. Misalnya, ada barang yang harganya biasa naik turun mengikuti nilai tukar mata uang asing, maka tidak perlu mengganti satu per satu karena hanya buang-buang waktu. Kita bisa menggantinya berdasarkan kategori barang. 
  5. Bisa mengetahui persediaan barang apa saja yang stoknya masih banyak atau yang mendekati habis, sehingga kita dengan cekatan bisa melakukan stok ulang barang tersebut. 
  6. Memersingkat proses transaksi, menjaga kenyamanan dan juga keamanan setiap transaksi yang berlangsung. 

Itulah beberapa fungsi Point of Sales bagi para pelaku usaha. Bagi yang tertarik mencoba, gunakan saja layanan aplikasi Point of Sale dari Moka POS. Terdapat banyak fitur menarik yang akan membantu kita mengelola transaksi usaha kita. Cukup membayar Rp 299.000/bulan untuk berlangganan, kita pun bisa menikmati semua fitur tanpa terkecuali.

Informasi selengkapnya bisa dilihat melalui laman mokapos.com. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Pengusaha Wajib Tahu, Inilah Fungsi Point of Sales Untuk Memperlancar Usaha"