Mengenal Jenis-Jenis Kawat Seling Beserta Fungsinya

Kawat seling atau sling sering disebut juga dengan wire rope. Kawat ini terbuat dari baja yang mempunyai kekuatan berlipat ganda dari tali biasa. Kawat seling ini memiliki beraneka jenis yang tentunya membuat harga kawat seling ini pun juga beragam.

Kawat seling sering digunakan di berbagai industri, mulai dari perkapalan, konstruksi, minyak dan gas serta di perikanan. Hal ini seringkali menjadikan tanda tanya, apa sebenarnya fungsi dari kawat seling ini.

Sama seperti tali pada umumnya, kawat seling ini memiliki fungsi untuk menarik dan mengangkat benda untuk memudahkan pekerjaan anda. Kawat seling dapat menarik beban dengan daya yang sangat besar.

Menggunakan kawat seling, maka beban besar bisa terangkat dengan sempurna tanpa menyebabkan kerusakan pada benda tersebut. Namun seiringnya berjalannya waktu fungsi kawat ini berubah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Fungsi kawat seling ini sangat beragam, untuk memudahkan mengetahui fungsinya sebaiknya mengetahui dulu jenis-jenis kawat seling. Jenis kawat seling terbagi menjadi tiga. Kawat seling general, kawat seling stainless steel, dan kawat seling high performance.

Ketiga jenis kawat tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. berikut adalah fungsi kawat seling berdasarkan jenisnya. Simak informasinya dalam artikel ini. 

Kawat Seling General

Jika dilihat dari namanya yaitu general atau umum. Kawat ini memiliki fungsi yang paling umum digunakan. Kawat seling general banyak digunakan untuk mengangkat atau menarik barang baik pada industri perkapalan, gas dan minyak, kontruksi, dan lain-lain. 

Kawat Seling Stainless Steel

Kawat seling stainless steel ini memiliki kekuatan tarik yang rendah. Sebaiknya kawat seling stainless steel ini tidak digunakan untuk mengangkat atau menarik barang

Keunggulan dari kawat seling stainless steel ini adalah memiliki kilau yang indah juga bisa menjadi alat ikat yang kuat. Hal itu menjadikan kawat ini sering digunakan untuk dekorasi. Salah satunya di tempat lapang yang rawan memiliki udara korosi. 

Kawat Seling High Performance

Jenis kawat seling terakhir yaitu seling high performance memiliki fungsi yang hampir sama dengan kawat seling general, tapi spesifikasi yang diberikan lebih berat dibandingkan kawat seling yang lainnya.

Karena kawat ini dirancang khusus untuk kebutuhan berat dengan pemakaian terus menerus. Kawat seling high performance sering digunakan untuk crane-crane besar yang ada di industri gas dan minyak.

Itu tadi adalah beberapa jenis dan fungsi dari kawat seling. Sebagai komponen utama dalam mengangkat muatan berat, pastikan anda membeli kawat seling yang berkualitas. Jika anda mencari kawat seling yang bisa sesuai dengan kebutuhan Anda, coba kunjungi megajaya.co.id sebagai penjual berpengalaman sejak tahun 1983. Dapatkan penawaran harga terbaik.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis Kawat Seling Beserta Fungsinya"

List Blog Keren Rajabacklink