Asuransi Perjalanan: Manfaat, Pengecualian Serta Jenisnya

asuransi perjalanan
Source: Duniakataku.com

Liburan merupakan impian sebagian besar orang untuk melepas penat akibat rutinitas sehari-hari, baik bekerja maupun sekolah. Apalagi selama pandemi COVID-19 lalu, segala kegiatan dibatasi oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus.

Dengan liburan, kita bisa menghilangkan rasa penat setelah sibuk bekerja dan mengobati stres akibat berbagai masalah yang dihadapi. Liburan atau bahasa anak zaman sekarang healing ini bisa membuat pikiran, jiwa dan raga menjadi lebih fresh dan siap menghadapi hal baru ke depannya.

Namun, jangan lupa lindungi diri, pasangan atau keluarga ke manapun destinasi wisatanya dengan asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi apabila jika terjadi risiko perjalanan selama berpergian.

Sudah banyak rekomendasi asuransi perjalanan terbaik yang bisa dipilih. Sehingga, perjalanan liburan bisa lancar dengan pikiran dan hati yang tenang. Ingin tahu ulasan lengkap mengenai asuransi perjalanan? Simak ulasannya baik-baik, ya!

Manfaat Asuransi Perjalanan

Manfaat asuransi perjalanan yang paling utama ialah bisa mengurangi risiko finansial ketika berkunjung ke kota atau negara lain. Adapun beberapa manfaat asuransi perjalanan lain yang bisa kita dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Kompensasi Kehilangan Bagasi
  • Kompensasi Kehilangan Paspor
  • Kompensasi Penundaan Penerbangan
  • Biaya Perjalanan Darurat
  • Biaya Medis
  • Biaya Evakuasi Medis
  • Santunan Kematian dan Disabilitas
  • Kompensasi Kerusuhan
  • Biaya Hukum
  • Pertanggungan Tambahan (Rider)

Pengecualian Asuransi Perjalanan

Setiap perusahaan asuransi memiliki pengecualian polis yang berbeda-beda. Namun umumnya, pengecualian asuransi perjalanan (travel insurance) adalah sebagai berikut:

  • Tindakan terorisme, peperangan, musuh asing, perang saudara, revolusi, penyerbuan, huru-hara, penggunaan kekuatan militer atau penggulingan pemerintah atau kekuasaan militer.
  • Setiap cedera atau penyakit yang disebabkan langsung atau tidak langsung dari reaksi nuklir, radiasi atau pencemaran radioaktif.
  • Setiap tindakan yang disengaja untuk melanggar hukum.
  • Setiap penyakit atau kondisi medis yang sudah ada sebelum perjalanan pada pihak tertanggung.
  • Negara yang dilarang (bisa berubah sewaktu-waktu), seperti Afghanistan, Irak, Iran, Syria, Belarus, Kuba, Republik Demokrasi Kongo, Korea Utara, Lebanon, Somalia, Liberia, Sudan, Sudan Selatan, Zimbabwe.

Jenis Asuransi Perjalanan

Di Indonesia, jenis asuransi perjalanan terbagi menjadi beberapa kategori yang mengakomodasi perjalan domestik dan internasional, seperti Asia, Visa Schengen dan Umroh atau Haji. Berikut penjelasan lengkapnya.

Asuransi Perjalanan Domestik

Jenis asuransi perjalanan domestik merupakan asuransi perjalanan yang memberikan uang pertanggungan hanya di wilayah Indonesia. Secara umum, manfaat asuransi ini sudah termasuk dalam tiket pesawat atau disediakan otomatis oleh pihak maskapai penerbangan.

Biasanya, manfaat yang diberikan berupa santunan meninggal dunia atau cacat jika terjadi risiko kecelakaan pesawat.

Asuransi Perjalanan Internasional

Jika ingin berpergian ke salah satu dari 26 negara di Eropa, maka kita wajib memiliki asuransi perjalanan internasional atau disebut juga asuransi perjalanan Visa Schengen. Manfaat yang akan ditanggung juga lebih lengkap, mulai dari kerusakan bagasi, ketinggalan pesawat, kecelakaan dan masih banyak lagi.

Selain wilayah Schengen, Jepang pun mewajibkan para turis mempunyai asuransi perjalanan saat berkunjung ke sana. Jadi, bagi yang ingin liburan ke Jepang, sebaiknya daftarkan diri terlebih dahulu dalam asuransi perjalanan Asia sebelum mengajukan Visa Jepang.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai manfaat, pengecualian serta jenis asuransi perjalanan. Melihat manfaat yang didapatkan, jelas travel insurance sangatlah penting untuk melindungi kita dari risiko-risiko yang kemungkinan terjadi saat pergi berlibur.

Nah, jika ingin membeli asuransi perjalanan, beli saja di Lifepal. Tidak hanya asuransi perjalanan, Lifepal juga menawarkan berbagai jenis asuransi online lain seperti asuransi kendaraan, asuransi kesehatan dan lain-lain.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan kunjungi lifepal.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Asuransi Perjalanan: Manfaat, Pengecualian Serta Jenisnya"