Inilah Beberapa Sebab Datangnya Rayap di Perabotan Rumah

Coba perhatikan rumah teman-teman, adakah bagian rumah khususnya dengan bahan kayu, yang lapuk? Bisa jadi bagian rumah yang lapuk itu karena diserang rayap.

Walaupun bentuknya kecil seperti semut, namun kemampuan rayap menggerogoti rumah sudah tidak dapat disepelekan lagi. Sebuah hasil studi mengatakan bahwa rayap pada rumah-rumah di Indonesia dapat mengakibatkan kerugian hingga triliunan rupiah setiap tahunnya, lo.

Dilansir dari bobo.grid.id, sebelum hal itu terjadi, ketahui penyebab rayap datang ke rumah sebelum perabotan kayu diserang habis oleh rayap, yuk!

Adanya Rongga di Beberapa Bagian Rumah

Tahukah teman-teman, walau bentuknya sangat kecil, ternyata rayap bisa menghancurkan aset-aset berharga dalam rumah, lo. sebab, kehadirannya bahkan bisa menembus tembok yang tebalnya beberapa sentimeter melalui lubang terbuka atau celah kecil yang kadang tidak kita sadari.

Baik itu dari kayu, pipa ledeng, celah antara pondasi dan tembok maupun pada kuda-kuda ataup rumah. Jika rumah teman-teman memiliki banyak rongga, sebaiknya teman-teman berdiskusi pada orangtua untuk melakukan perbaikan secepatnya agar tidak menjadi akses masuknya hama rayap.

Perabot Kayu yang Kurang Kualitasnya

Tidak heran jika kayu menjadi salah satu penyebab rumah menjadi sarang rayap. Ini karena rayap sangat menyukai kayu. Desain furnitur dari kayu memang menjadi lebih klasik dan elegan. Namun sayangnya tidak semua perabot berbahan kayu punya kualitas yang bagus.

Bahan jenis kayu yang kurang berkualitas bisa menjadi penyebab kehadiran hama rayap di rumah.

Rumah Kurang Terjaga Kebersihannya

Penyebab lainnya kemunculan rayap di rumah adalah karena kita kurang menjaga kebersihan rumah. Ketika rumah kita kurang terjaga kebersihannya, maka hal ini bisa membuat banyak hewan bahkan penyakit berdatangan.

Salah satu gangguannya adalah munculnya rayap secara tiba-tiba di ruang-ruang yang jarang dibersihkan seperti dapur. Pertama kali, rayap akan membuat sarang yang menyerupai terowongan dan lama kelamaan akan semakin panjang sehingga rumah kita menjadi sarang rayap.

Jika kita biarkan, maka rayap akan menyerang kayu yang ada di rumah sehingga akan menimbulkan beberapa titik di kayu. Jika teman-teman tidak mau hal itu terjadi, ingat selalu untuk menjaga kebersihan setiap hari, ya.

Berdiri di Tanah yang Subur

Tidak banyak disadari, tanah yang subur dan gembur jadi habitat atau tempat paling disukai oleh rayap. Ketika menemui rayap di rumah, teman-teman bisa bertanya pada orangtua apakah dulunya rumah teman-teman berdiri dengankondisi tanah yang subur.

Jika iya, jangan heran kalau banyak rayap yang melahap kayu-kayu di rumah teman-teman. Rayap menyukai tanah yang subur karena akan membantu mereka dalam proses perkembangbiakkan.

Nah, itulah penyebab rumah menjadi sarang rayap yang masih jarang disadari. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan teman-teman, ya. Untuk mengusir rayap di rumah, Anda bisa memanfaatkan jasa anti rayap Jakarta dari Fumida yang sangat profesional dalam mengusir rayap dari perabotan rumah.

2 komentar untuk "Inilah Beberapa Sebab Datangnya Rayap di Perabotan Rumah"