Cermati! Ini Tandanya Jika Usaha Anda Mengalami Kegagalan Finansial

Saat sedang mengoperasikan sebuah bisnis, ada saja kemungkinan bahwa bisnis tersebut akan mengalami kegagalan secara finansial. Maka dari itu, banyak pengusaha menggunakan aplikasi point of sale untuk membantu mengelola keuangan bisnis.

Nah, sebagai seorang pengusaha, Anda perlu memahami apa saja tanda bisnis Anda mengalami kegagalan dalam keuangan. Tidak hanya mengenai modal bisnis saja, ada tanda lain yang harus Anda waspadai. Perhatikan pembahasan berikut ini dengan baik-baik, ya!

Memiliki Banyak Hutang

Bahaya meminjam uang yakni ketika Anda tidak mampu membayar hutang tersebut sampai lunas, apalagi jika Anda melakukan pinjaman dengan bunga yang tinggi. Hal ini akan membuat hutang akan semakin membengkak.

Tidak hanya itu, risiko terbesar yang bisa Anda alami adalah aset yang Anda miliki harus terjual untuk melunasi semua hutang. Oleh sebab itu, rasio hutang yang masih aman untuk sebuah bisnis yakni kurang dari 40 persen. 

Mengalami Kurang Modal

Kekurangan modal bisa menyebabkan keuangan bisnis menjadi tidak berputar dengan maksimal sehingga bisnis dapat berhenti beroperasi sewaktu-waktu. Ada banyak hal yang bisa memicu kurangnya modal bisnis, salah satunya adalah piutang. 

Berkurangnya Pengawasan

Pengawasan merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan pada setiap sector dalam bisnis, terutama pada keuangan. Apabila Anda tidak mampu melakukan pengawasan pada masalah keuangan, maka tentunya akan ada masalah baru yang akan muncul untuk merusak bisnis Anda.

Strategi yang paling mudah dalam melakukan pengawasan finansial adalah dengan melakukan pemeriksaaan keuangan secara rutin setiap bulan. Selain itu, Anda bisa meminta bukti setiap pembayaran agar tidak ada kecurangan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memulai untuk melakukan transaksi secara non tunai agar lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan keuangan bisnis. Dengan cara ini, maka kesempatan untuk orang melakukan kecurangan akan semakin kecil. 

Memiliki Keuntungan yang Sangat Kecil

Keuntungan yang semakin kecil ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah harga bahan pokok yang meningkat atau terdapat kompetitor baru yang memainkan harga jual lebih rendah sehingga Anda harus menyesuaikannya agar tetap bisa bersaing.

Solusi dari permasalah tersebut yakni dengan melakukan inovasi dan memberikan nilai tambah terhadap produk sehinnga Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih mahal dan mendapat keuntungan lebih besar. 

Mengelola Kas dengan Buruk

Pengelolaan kas yang tidak baik bisa menjadi penyebab memburuknya keadaan keuangan bisnis. Apalagi jika pencatatan terkait pendapatan dan pengeluaran setiap bulan tidak terkelola dengan baik sehingga laporan kas tidak bisa mengetahui untung maupun rugi dalam bisnis.

Dengan pengelolan kas yang baik dan tepat maka Anda akan lebih mudah mengidentifikasi kondisi keuangan sebelum krisis finansial mengganggu bisnis Anda. Supaya lebih aman dan terorganisir, Anda bisa menggunakan aplikasi MOKA POS untuk mengelola keuangan bisnis.

MOKA POS memiliki fitur yang membantu Anda mengetahui laporan keuangan secara akurat. Selain itu, aplikasi yang satu ini sudah terlengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda mengelola bisnis dengan tenang.

Aplikasi kasir yang cerdas ini akan memudahkan penjualan dan proses operasional bisnis Anda. Adanya solusi administrasi terkait laporan penjualan harian, transaksi, dan sift pegawai menjadi tercatat dengan rapi.

Mari pertahankan invetaris yang sehat, ketersediaan stok, dan database pamasok guna menjaga bisnis Anda agar tetap berjalan dengan optimal. Yuk, cari tahu keunggulan aplikasi MOKA POS untuk bisnis Anda hanya di www.mokapos.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cermati! Ini Tandanya Jika Usaha Anda Mengalami Kegagalan Finansial"