Medical Check-Up: Perlukah Melakukannya Secara Rutin?

Triplusweb - Kesehatan mahal harganya, namun saat sakit biayanya bisa lebih mahal lagi. Oleh sebab itu, penting sekali untuk memiliki asuransi kesehatan. Kita bisa melakukan medical check-up untuk mengetahui kondisi kesehatan sekaligus mendeteksi suatu penyakit sejak dini.

Semakin dini suatu penyakit terdeteksi, maka semakin cepat pula pertolongan yang akan diberikan. Dengan begitu, penyakit tidak berlanjut ke tahap lebih serius serta mencegah pertolongan yang lebih rumit. Tidak perlu sakit terlebih dahulu apabila ingin menjalani pemeriksaan fisik ini. 

Serangkaian Pemeriksaan yang Dilakukan Selama Medical Check-up

asuransi kesehatan

Medical check-up atau pemeriksaan kesehatan merupakan serangkaian uji kesehatan rutin yang dilakukan di rumah sakit. Tujuannya untuk memeriksa kesehatan tubuh secara keseluruhan serta mengantisipasi risiko penyakit.

Tidak ada urutan yang baku dalam prosedur pemeriksaan kesehatan ini. Umumnya, serangkaian pemeriksaan diawali dengan mengukur berat dan tinggi badan sesuai indeks masa tubuh. Kita perlu memeriksakan indeks masa tubuh atau BMI ini tiap 2 tahun sekali jika berusia di bawah 50 tahun, dan setahun sekali untuk yang telah berusia di atas 50 tahun.

Setelah itu, akan ada beberapa tes yang berbeda selama medical check up, mulai dari cek fungsi jantung dan paru dengan EKG, kesehatan kulit guna mendeteksi risiko kanker kulit atau penyakit kulit lainnya, THT untuk memeriksan kesehatan telinga, hidung dan tenggorokan, kesehatan mata, kesehatan gigi, kesehatan tulang hingga respons refleks tubuh dan kekuatan otot.

Pemeriksaan fisik tahunan juga mungkin termasuk pengecekan kolesterol, tekanan darah dan gula darah. Hal ini karena kemungkinan kita memiliki kadar yang tinggi dari salah satu atau semua kondisi di atas tanpa menunjukkan satupun gejalanya atau berisiko mengalami penyakit terkait seperti, diabetes atau hipertensi. Selain itu, dokter bisa pula merekomendasikan tes medis tambahan, tergantung usia atau riwayat kesehatan kita dan keluarga.

Orang-orang yang mempunyai risiko tinggi atau mengidap penyakit tertentu, biasanya dianjurkan lebih rutin dalam menjalani tes kesehatan dibandingkan orang-orang yang sehat. Tes kesehatan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan seseorang dan apa saja yang perlu dilakukan untuk mengendalikan risiko kesehatan yang dipunya.

Hal itu membuktikan bahwa melakukan medical check-up secara rutin memang sangat diperlukan. Kita bisa menambah proteksi dengan memiliki asuransi kesehatan dari PFI Mega Life, yang akan membuat nasabahnya bebas dari rasa khawatir, baik dalam hal kesehatan maupun mimpi-mimpi jangka panjang.

Informasi selengkapnya bisa dilihat pada laman pfimegalife.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Medical Check-Up: Perlukah Melakukannya Secara Rutin?"