Ingin Pijat Bayi? Ini Cara yang Bisa Bunda Praktikan di Rumah

cara pijat bayi

Aktivitas memijat memang menjadi kegiatan yang membuat siapa pun merasa nyaman dan rileks, termasuk pada bayi. Pijat bayi bisa bermanfaat untuk tahap perkembangan bayi, lho. Selain bermanfaat untuk fisiknya, pijat pada bayi juga bermanfaat untuk emosional si Kecil.

Pijat bayi dapat menjadi salah satu rangsangan untuk mendukung tumbuh kembangnya secara optimal. Akan tetapi, perlu Bunda perhatikan bahwa pijat bayi bukan sebuah terapi untuk pengobatan, ya!

Nah, berikut ini ada beberapa cara memijat bayi dengan benar yang bisa Bunda praktikan sendiri di rumah. Simak sampai tuntas, ya!

Pijat Area Wajah

Sebelum memijat bayi, pastikan tangan Bunda bersih dulu, ya. Gerakan yang bisa Bunda aplikasikan pada wajah bayi seperti Cares Love atau gerakan dari dahi tengah lalu ke samping.

Selain itu, ada circle down yang memijat titik tengah antara pangkal hidung ke bawah mata dan cute yang memijat bagian sekitar telinga.

Tidak hanya itu, Bunda bisa melakukan smile bibir atas yang memijat titik tengah bibir atas ke arah samping. Gerakan ini sangat nyaman saat bayi mulai tumbuh gigi. Setelah lakukan smile bibir bawah dengan memijat dengan lembut bagian bawah bibir ke arah samping.

Pijat Area Dada

Ada dua teknik yang bisa Bunda lakukan pada bagian dada yakni butterfly dan gerakan mengusap.

Butterfly merupakan pijatan dari tengah dada ke bahu, lalu kembali ke tengah dengan gerakan tangan lembut dan tidak terangkat.

Sedangkan, gerakan mengusap secara diagonal adalah gerakan tangan kiri ke bahu kanan bayi dan sebaliknya tanpa mengangkat tangan dan memberikan tekanan lembut.

Pijat Area Perut

Pada bagian ini, jangan lupa oleskan baby oil atau lotion agar tangan Bunda tidak kering. Bunda bisa memijat bayi menggunakan punggung tangan bagian dalam dengan gerakan mengayuh dari perut atas ke bawah.

Kemudian, ada gerakan sun and moon atau pola lingkaran searah jarum jam dengan telapak tangan kanan di perut bayi dan diikuti tangan kiri. Selanjutnya, pijatan rileks dengan menekuk lutut si Kecil ke arah perut.

Selain melakukan pijatan yang membuat tubuhnya rileks, Bunda juga perlu memerhatikan popok si Kecil. Pilihlah popok yang nyaman untuk aktivitasnya sehari-hari. Bunda bisa membeli Popok Merries Premium Pants untuk buah hatinya.

Popok ini memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kulit bayi tidak akan lembab. Apabila Bunda ingin mengetahui keunggulan produk ini, silakan kunjungi merries.co.id. Yuk, temani tahap perkembangan bayi bersama perlindungan ekstra dari Merries.

Posting Komentar untuk "Ingin Pijat Bayi? Ini Cara yang Bisa Bunda Praktikan di Rumah"