EDC Android: Alat Pembayaran Non-Tunai yang Mempunyai Beragam Kemudahan

Di Indonesia, EDC Android sebagai alat pembayaran non-tunai mulai ramai digunakan. Semenjak pandemi COVID-19, banyak orang yang lebih memilih melakukan transaksi secara cashless. Selain menggunakan dompet digital, pembayaran dengan kartu masih menjadi metode pembayaran favorit.

Pada dasarnya, EDC atau Electronic Data Capture adalat alah pembayaran non-tunai yang telah terintegrasi dengan rekening bank. Alat ini mempunyai teknologi Graphical User Interface (GUI) yang berperan penting dalam memasukkan dan memvalidasi berbagai data transaksi.

EDC juga bisa membantu merchant dalam membuat laporan berdasarkan hasil analisis data yang mesin dapatkan. Mesin EDC ini biasanya bisa kita temui di toko-toko atau outlet besar dan bisa menerima pembayaran non-tunai menggunakan kartu debit maupun kartu kredit.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan mesin EDC, terlepas dari apapun jenis bisnisnya. Penasaran? Yuk langsung simak pembahasan dari Triplusweb lengkapnya di bawah ini! 

Memperlancar Transaksi

Manfaat pertama atau kelebihan dari pembayaran non-tunai ialah petugas kasir jadi tidak perlu repot menyediakan uang kembalian. Dari sisi pelanggan, mereka bisa melakukan transaksi lebih cepat dan mudah.

Apabila seluruh transaksi pelanggan di meja kasir berjalan lancar, maka pelanggan tidak perlu lagi menghabiskan waktu hanya untuk mengantri. Pengalaman menyenangkan tersebut jelas akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis kita.

Memudahkan Pembukuan

Teknologi canggih yang ada dalam mesin EDC akan memudahkan kita dalam melakukan pembukuan. Ini karena, seluruh transaksi yang alat tersebut lakukan secara otomatis sudah tersimpan dalam sebuah program pembukuan.

Artinya, ketika membutuhkan laporan penjualan pada hari itu juga, maka data-data pembukuan bisa kita akses dengan lebih mudah dan cepat. Informasi yang tersaji juga akurat, tidak seperti saat melakukan pembukuan secara manual yang berisiko salah penghitungan. 

Meningkatkan Pemasukan Bisnis

Ternyata, mesin EDC juga bisa berpengaruh pada peningkatan pemasukan bisnis, lho! Hal tersebut berkat adanya faktor kepuasan pelanggan terhadap layanan di merchant.

Kehadiran mesin EDC ini pun membuat para pelanggan tidak ragu untuk melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Apabila tidak membawa uang tunai yang cukup, mereka tetap bisa melakukan transaksi menggunakan kartu debit maupun kartu kredit.

Mengantisipasi Adanya Kecurangan Karyawan

Manfaat EDC bagi kita selaku pemilik usaha ialah memudahkan kontrol terhadap seluruh proses transaksi yang tercatat secara otomatis. Selain itu, pihak bank juga lebih mudah dalam melakukan pengawasan.

Jika terjadi transaksi yang mencurigakan, maka kita bisa melakukan tindakan antisipasi. Dengan demikian, kecurangan yang mungkin saja dilakukan karyawan bisa lebih diminimalisir menggunakan mesin canggih satu ini. 

Menghindari Pembayaran dengan Uang Palsu

Terakhir, manfaat penggunaan EDC sebagai alat pembayaran ialah menghindari adanya uang palsu dari pelanggan.

Tidak hanya itu, kita tidak perlu khawatir menerima uang dalam kondisi kusut atau rusak. Keberadaan mesin EDC pun memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk menyelesaikan pembayaran secara non-tunai.

Nah, itulah berbagai macam manfaat mesin EDC sebagai pembayaran alat non-tunai. Apalagi sekarang sudah hadir EDC Android besutan GoBiz PLUS yang bisa kita akses dari semua perangkat android.

Bahkan pada tipe EDC android wireless, mesin ini bisa kita bawa ke meja pelanggan. Sangat cocok digunakan bagi yang memiliki usaha kuliner seperti rumah makan, kafe maupun kedai kopi. Tidak hanya itu, EDC Android dari GoBiz PLUS juga dilengkapi dengan built-in printer, sehingga tak perlu lagi membeli mesin tambahan untuk mencetak struk.

Yuk segera download dan bergabung bersama GoBiz untuk dapatkan keuntungan lebih banyak dengan memberikan pelayanan terbaik untuk setiap pelanggan! Informasi lebih lengkap bisa diakses melalui gobiz.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "EDC Android: Alat Pembayaran Non-Tunai yang Mempunyai Beragam Kemudahan"