Manfaat Soda Api Untuk Keperluan Rumah Anda

jual Soda Api NaOH Jogja

Siapa yang tidak tahu soda kue? Bahan pengembang kue ini pastinya sangat familiar bagi para ibu rumah tangga atau industri makanan. Namun, pernahkah kamu mendengar soda api? Jangan berpikir kalau soda api ini sejenis dengan soda kue dan bisa dikonsumsi, ya!

Soda api atau Natrium Hidroksida (NaOH) ini merupakan suatu bahan kimia yang memiliki sifat basa kuat. Biasanya, bahan kimia satu ini dipakai dalam beberapa industri, seperti kertas, kaca, tekstil hingga deterjen. Namun ternyata, soda api juga bisa kamu gunakan untuk urusan rumah tangga, lho! 

Hm, urusan rumah tangga yang seperti apa, ya? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Menghilangkan Karat pada Besi

Apabila di rumah kamu ada benda atau besi yang berkarat, kamu bisa menghilangkan noda karat tersebut menggunakan soda api. Sebelum mulai melakukannya, kamu harus menggunakan sarung tangan, masker, dan kacamata sebagai alat pengamanan diri. Sebab, soda api cukup berbahaya jika sampai terkena kulit.

Setelah itu, larutkan soda api dengan air di sebuah wadah logam. Gunakan kuas untuk mengoleskan cairan soda apik ke permukaan besi yang berkarat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga noda karat terlihat mengelupas. Kemudian, bilas permukaan besi dengan air dan sabun serta keringkan. Kamu bisa mendapatkan cairan luar biasa ini di jual Soda Api NaOH Jogja

Membersihkan Lantai dan Dinding Kamar Mandi

Kamar mandimu sangat kotor? Hiiyy, menjijikkan! Kamu perlu membersihkan kamar mandi secara berkala, agar lumut atau kerak pergi jauh dari kamar mandimu. Karena, jika kamu membiarkannya saja, kotoran di kamar mandi tersebut jadi sulit dibersihkan.

Tetapi, tak perlu khawatir karena kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan soda api yang bersifat kuat dan mampu membersihkan kotoran yang mengendap. Agar lebih aman, gunakan sandal, sarung tangan, dan masker terlebih dahulu sebelum mulai membersihkan.

Pertama, basahi keramik lantai atau dinding keramik kamar mandi yang kotor. Lalu, taburkan soda api yang telah dihancurkan sebelumnya. Coba diamkan selama satu jam. Setelahnya, sikat hingga semua kotoran terlepas dan bilas menggunakan air. Kamar mandimu jadi terlihat kinclong lagi, bukan? 

Melancarkan Saluran Pipa yang Mampet

Kamu pasti pernah mengalami saluran atau pipa air yang mampet. Biasanya, hal itu terjadi karena terdapat suatu endapan dari kotoran atau limbah tertentu di dalamnya. Kamu bisa mengatasinya dengan soda api, karena bahan kimia satu ini akan mengurai atau menghancurkan endapan-endapan tersebut sehingga saluran pipamu jadi lancar kembali. Sebelumnya, jangan lupa gunakan sarung tangan agar kulitmu tetap aman.

Jika saluran pipa di rumahmu cukup besar, bisa menggunakan sikat yang sudah dicelupkan ke dalam larutan cairan soda api. Kalau tidak memungkinkan, kamu bisa menuangkan cairan soda api ke dalam pipa dan tunggu selama beberapa menit. Kemudian, nyalakan air untuk membersihkannya secara menyeluruh. 

Sebagai Paint Remover (Pengelupas Cat)

Soda api bisa merontokkan cat pada permukaan tertentu, seperti furnitur atau kendaraan yang terbuat dari besi. Oleh sebab itu, soda api juga sering disebut sebagai paint remover atau pengelupas cat. Biasanya, pengelupasan cat dilakukan untuk mengganti warna cat agar tampilan terlihat seperti baru lagi.

Kamu hanya cukup mengoleskan soda api menggunakan kuas besar pada permukaan benda logam yang ingin kamu kelupas catnya. Biarkan selama beberapa menit, setelah itu keruk permukaan benda tersebut hingga semua catnya terlepas. Diamkan kembali selama semalaman untuk memastikan tidak ada lagi zat soda api yang menempel.

Membersihkan Kerak pada Perabotan

Umumnya, alat-alat rumah tangga yang terbuat dari stainless steel atau logam bisa berkerak setelah beberapa waktu digunakan. Kamu masih bisa membersihkannya dengan soda api daripada membeli peralatan yang baru. Uangmu jadi tetap aman di dompet.

Larutkan soda api dengan air, lalu oleskan cairan tersebut ke perabotan logam kamu yang berkerak. Diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga keraknya mengelupas. Setelah itu, cuci menggunakan air sabun sampai bersih. Jika perabotan tidak memungkinkan untuk kamu cuci, lap saja menggunakan kain basah. Keringkan, dan taraaa! Perabotan kamu jadi bersih mengkilap, deh!

Nah, itulah beberapa manfaat dari soda api untuk keperluan rumah tangga kamu. Bagi yang memerlukan Soda Api, bisa memesan di Banguntapan Family atau banguntapanfamily.com sebagai Distributor Soda Api (Kaustik) Yogyakarta yang melayani pemesanan dan pengiriman Natrium hidroksida(NaOH) atau Soda api ke seluruh kota/kabupaten di Indonesia. Informasi pemesanan bisa menghubungi 085921402988.

Posting Komentar untuk "Manfaat Soda Api Untuk Keperluan Rumah Anda"