Hati-Hati Banyak Madu Palsu, Begini Cara Membedakannya!

Saat ini banyak sekali produk yang dibutuhkan masyarakat luas untuk dipalsukan untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan yang melimpah. Seperti halnya yang dipalsukan adalah produk madu yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap wabah covid-19 menyerang peradaban manusia. Masyarakat berbondong-bondong membeli produk madu ini di toko ofline, e-commerce, dan sebagainya. Sehingga ada beberapa oknum produsen yang nakal untuk membuat madu palsu.

Untuk mencegah kekhawatiran anda dalam membeli madu tapi tak tahu membedakan akan madu asli maupun madu palsu, kami akan merekomendasikan langkah-langkah mencermatinya dari sudut pandang review kami. 

Berikut ini Tips dan cara membedakan Antara Madu Asli & Madu Palsu, yaitu: 

1. Tes Madu dengan Tisu

Cara pengetesannya sangatlah mudah, hanya dengan menuangkan sedikit madu pada tisu. Bila madu itu asli maka madu tidak akan ikut terserap kedalam tisu. Berbeda dengan madu palsu akan mudah terserap ke dalam tisu. 

2. Teteskan di Ibu Jari

Dilansir dari Mama Baik, bila madu asli bila diteteskan pada ibu jari biasanya akan tetap kental dan tidak menetes kemana-mana. Dan madu asli rasa manisnya tidak akan bertahan lama. Dibandingkan dengan madu palsu yang apabila diteteskan di jari jempol maka akan mudah menyebar dan tidak terlalu kental dan juga rasanya akan bertahan cukup lama karena ada campuran tambahan pemanis buatan.

3. Pengujian dengan Air

Hanya dengan menuangkan madu asli maupun palsu sedikit saja ke dalam gelas yang berisikan air. Bila mencermatinya madu palsu akan mudah larut kedalam air dan madu asli akan sulit tercampur dengan air tersebut.

4. Pengujian dengan Api

Mudah saja pengujian ini dilakukan dengan meletakkan sebatang korek api yang telah dihidupkan kemudian apa reaksi yang ditimbulkan. Bila madu asli akan mudah terbakar atau dengan kata lain apinya tidak akan mudah padam, beda denganmadu palsu yang bila dites dengan api ini akan mudah padam karena adanya kandungan air yang banyak. 

5. Gunakan Cuka untuk mengetesnya

Caranya yaitu mengadukkan madu anda tersebut dengan sedikit air ditambahkan 1-4 tetes air cuka. Apabila ada timbul buih-buih busa, maka anda harus curiga kalau madu ini palsu.

Selain itu, ada cara unik untuk membedakan madu asli dan palsu ini, yakni dengan memanaskannnya di sendok. Tunggu hingga madu menjadi kental berkaramel dan tidak timbul busa, bila hasilnya seperti ini besar kemungkinan madu asli. Jika hasilnya madu tersebut bereaksi dengan tidak menjadi Karamel dan berbuih maka perlu diwaspadai madu ini adalah palsu. 

Demikianlah ulasan yang bisa Omah Review sajikan seputar trik atau cara membedakan keaslian madu. Semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu anda dalam membedakan madu asli dan madu palsu.

Posting Komentar untuk "Hati-Hati Banyak Madu Palsu, Begini Cara Membedakannya!"