Mengenal Mesin CNC Plasma Cutting dan Kelebihannya

Mesin CNC Plasma Cutting

Bagi Anda yang mempunyai usaha las dan toko bangunan, pasti sudah tidak asing dengan namanya plasma cutting untuk membantu pemotongan plat. Banyak jenis plasma cutting yang beredar di pasaran, salah satunya adalah mesin CNC plasma.

Anda yang mungkin memiliki keinginan untuk membuka jasa cutting plat sendiri, sebelum mencari toko yang jual cnc plasma cutting, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang mesin buatan inseco.id tersebut. 

Apa Itu Mesin CNC Plasma Cutting?

CNC (Computer Numerical Control) merupakan sebuah teknologi sistem kontrol gabungan antara teknologi komputer dan peralatan mesin, sehingga mesin CNC plasma dapat digunakan dalam pemotongan logam, plat atau aneka bahan lainnya dengan akurasi baik serta menghasilkan potongan yang lebih rapi dan halus.

Cara kerjanya yakni dengan menggunakan panas yang berasal dari listrik, lalu menyalur ke material yang akan mesin tersebut potong serta bantuan dorongan angin dan sistem program yang sebelumnya telah tersetting. 

Kelebihan Mesin CNC Plasma Cutting

Sudah banyak yang membuktikan bahwa teknologi mempunyai banyak kelebihan dan kemudahan dibanding dengan cara manual. Faktor tersebut yang juga membuat teknologi sering menjadi pilihan industri dalam meringankan pekerjaan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan mesin CNC plasma yang harus Anda ketahui. 

Mengurangi Human Error

Pekerjaan yang manusia lakukan tidak pernah bisa lepas dari kesalahan, baik sepele maupun kesalahan besar. Alasan tersebut yang membuat sebuah perusahaan dengan produksi massal menggunakan mesin yang telah tersetting dalam menjalankan proses produksi.

Sama halnya juga dengan mesin CNC ini, risiko human error dari pekerja akan semakin kecil apabila menggunakan mesin tersebut dalam kegiatan produksi. Pekerjaan para pekerja juga semakin ringan karena hanya perlu mengawasi kinerja mesin. 

Menghemat Biaya Produksi

Semakin banyak pekerja dalam proses produksi sebuah usaha, Anda juga memerlukan lebih banyak uang untuk membayar mereka. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengganti sebagian besar SDM tersebut menggunakan mesin CNC, meski harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membelinya.

Tetapi, jangan khawatir untuk merogoh kocek dalam di awal sebab kualitas dan produktivitas sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan. Terlebih, mesin CNC ini Anda awet hingga puluhan tahun ke depan, jadi lebih menghemat biaya produksi. 

Mempunyai Tingkat Akurasi Tinggi

Sebanding dengan harga mesin CNC, teknologi ini memiliki akurasi yang tinggi dan sangat bagus, sehingga hasil pemotongan pola akan terlihat lebih halus dan rapi. Selain itu, kecepatan pemotongan tetap stabil meskipun telah dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Jika yang melakukannya para pekerja, belum tentu mereka bisa memotong tanpa melakukan kesalahan dan juga tidak menjamin bisa tetap stabil ketika proses pemotongan yang relatif lama.

Nah, itulah dia kelebihan dari CNC plasma yang bisa membantu proses produksi usaha Anda jadi lebih cepat dan juga tentunya menghemat biaya produksi. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mengenal Mesin CNC Plasma Cutting dan Kelebihannya"