Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Gigi Ompong

Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Gigi Ompong

Gigi ompong merupakan keadaan gigi yang tanggal sehingga menyebabkan terbentuknya rongga di antara gigi dan gusi. Ada banyak penyebab mengapa kondisi seperti ini bisa terjadi. Salah satunya adalah kebiasaan yang buruk.

Kebiasaan sehari-hari seringkali menjadi penyebab utama dari gigi ompong. Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan gigi ompong. Mari simak ulasannya smapai selesai agar Anda bisa menghindarinya!

Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan terburuk untuk kesehatan secara umum, termasuk kesehatan gigi dan gusi. Rokok mengandung banyak zat kimia berupa nikotin dan tar yang dapat merangsang peradangan pada gusi dan menghambat proses penyembuhan.

Kebiasaan merokok juga dapat mengurangi aliran darah ke gusi sehingga gusi menjadi lebih rentan terkena infeksi. Jadi, jika Anda ingin menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda, maka berhentilah merokok.

Konsumsi Berlebihan Makanan Manis

Menurut dokter gigi di Klinik Gigi PUTIH Dental, makanan dan minuman manis dapat menjadi musuh bagi kesehatan gigi. Bakteri yang ada di mulut menyukai gula dan menggunakanya sebagai sumber makanan untuk tumbuh dan berkembang biak.

Selanjutnya, bakteri menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan pelindung gigi. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis serta menjaga kebersihan mulut setelah mengonsumsi makanan manis dapat membantu mengurangi risiko gigi ompong.

Kurang Minum Air Putih

Air putih merupakan minuman terbaik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Air membantu membersihkan sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi dan gusi, serta membantu menjaga kelembaban dalam mulut.

Kekurangan air dapat menyebabkan mulut menjadi kering sehingga meningkatkan risiko gigi ompong karena kurangnya produksi air liur untuk membersihkan mulut secara alami. Pastikan Anda minum cukup air setiap hari untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda.

Tidak Rutin Periksa Gigi 6 Bulan Sekali

Pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan sekali sangat penting untuk mencegah dan mendeteksi masalah gigi maupun gusi secara dini. Selama kunjungan ke klinik gigi, dokter gigi bisa melakukan pembersihan gigi untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang tidak dapat hilang dengan menyikat gigi biasa.

Selain itu, dokter gigi dapat mengevaluasi kesehatan gusi Anda dan memberikan saran tentang perawatan mulut yang tepat untuk mencegah gigi ompong dan masalah gigi lainnya.

Dalam rangka menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda, penting untuk menghindari kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko gigi ompong. Jika Anda sudah terlanjur memiliki gigi ompong, sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter gigi di Klinik PUTIH Dental.

Tenang saja, tim dokter yang ramah dan peralatan berteknologi canggih akan membantu Anda mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kebuutuhan Anda. Yuk, rawat gigi Anda dengan berkunjung ke Dental Klinik Gigi Pantai Indah Kapuk secara rutin! Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Gigi Ompong"