Ingin Kirim Barang Elektronik Lewat Jasa Pengiriman? Simak Tipsnya

jasa pengiriman

Ada banyak jenis barang yang bisa dikirimkan lewat jasa pengiriman, salah satunya kategori elektronik. Akan berbeda-beda tentunya metode yang perlu dilakukan untuk memastikan barang dalam kondisi tetap aman sampai alamat tujuan.  

Terutama dalam hal packing atau pengemasan. Bila barang elektronik dalam proses pengemasannya tidak berhati-hati alias sembarangan, jangan heran ketika sampai di lokasi tujuan mengalami kerusakan.  

Bagi seseorang yang sudah terbiasa mengirimkan barang elektronik antar wilayah, tentu tidak kebingungan lagi mengenai tata caranya. Tapi, bagi pemula biasanya bingung memulainya dari mana. Bila kamu salah satunya, bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut.  

Beberapa Tips Kirim Barang Elektronik Lewat Jasa Pengiriman Supaya Tetap Aman

Biasanya beberapa produk elektronik yang dikirimkan lewat jasa kirim yaitu mesin cuci, kulkas, TV, AC, kipas angin, laptop, ponsel dan masih banyak lagi. Agar barang elektronik tetap aman selama perjalanan dan sampai di alamat tujuan tanpa rusak, terapkan beberapa tips ini:

1. Menggunakan Kardus Asli Bawaan Produk

Sebelum membawa barang yang akan dikirimkan menuju jasa pengiriman, perhatikan dari segi pengemasan. Kamu bisa mencoba menggunakan kardus asli bawaan produk elektronik tersebut karena ukurannya sudah sesuai.  

Biasanya ketika penggunaan kardus bukan asli bawaan, akan ada ruangan kosong atau hampa. Bila ruangan kosong tersebut dibiarkan, akan membahayakan barang selama pengiriman karena rentan terbentur atau terguncang. 

 Hal tersebut akan membuat produk menjadi lebih mudah mengalami kerusakan. Sebelum dibungkus kardus, produk perlu dilapisi plastik atau kain terlebih dahulu agar lebih terlindungi.

2. Memakai Styrofoam

Pada bagian dalam kardus, supaya lebih aman lagi perlu diberikan styrofoam. Terutama untuk melindungi bagian sisi barang elektronik tersebut. Biasanya produk baru bukan hanya memberikan kardus tapi juga sekaligus styrofoam.  

Bagian sisi barang perlu lebih terlindung karena lebih mudah lecet bila bersentuhan langsung dengan bagian dasar kardus saat terjadi guncangan selama dibawa oleh jasa pengiriman.

3. Melakukan Double Packing

Tips selanjutnya lakukan double packing atau pengemasan tambahan. Metode ini berfungsi meningkatkan keamanan produk elektronik selama pengiriman. Terutama bila jarak tempuh menuju alamat tujuannya cukup jauh.  

Mengenai jenis bahan tambahan untuk pengemasan supaya aman, menyesuaikan dengan produknya. Kamu bisa melakukan double kardus untuk barang elektronik dengan ukuran tidak terlalu besar. 

 Untuk produk yang rentan mengalami kerusakan, bisa menambahkan bubble wrap. Penggunaan bubble wrap bisa untuk produk berukuran besar maupun kecil. Terakhir adalah kayu, merupakan metode pengemasan tambahan paling aman.  

Biasanya packing kayu akan digunakan untuk jenis produk berukuran besar. Di mana produk tersebut rentan mengalami kerusakan selama proses kirim oleh jasa pengiriman bila tanpa pengemasan tambahan.

4. Menempelkan Stiker Bertuliskan Fragile

Sangat penting menempelkan stiker bertuliskan fragile atau barang pecah belah sebelum produk elektronik dikirimkan. Stiker ini merupakan penanda bahwa produk di dalamnya mudah rusak, sehingga perlu penanganan dengan lebih berhati-hati.

5. Tepat dalam Memilih Jasa

Walaupun proses pengemasannya sudah tepat dan aman, akan menjadi percuma bila jasa kirim yang dipilih abal-abal. Bukannya mengantarkan produk hingga ke alamat tujuan, malah sebaliknya yang bisa membuat kamu mengalami kerugian.  

Untuk itulah sangat penting memilih penyedia layanan pengiriman yang benar-benar profesional, terpercaya dan berkualitas. Jangan sampai alih-alih ingin menghemat budget malah terjebak jasa abal-abal.  

6. Memakai Layanan Asuransi Pengiriman Bila Perlu

Tips terakhir, bila perlu gunakan layanan asuransi pengiriman untuk menjamin keamanan produk elektronik. Apalagi bila produk tersebut memiliki nilai tinggi dan risiko kerusakannya juga cukup besar.  

Bila kamu tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pengemasan secara mandiri, bisa mencari jasa yang menyediakan layanan tersebut. Ada jasa pengiriman yang menawarkan fasilitas sekaligus packing dengan tambahan biaya sejumlah tertentu.

Posting Komentar untuk "Ingin Kirim Barang Elektronik Lewat Jasa Pengiriman? Simak Tipsnya"