Hari Raya Umat Hindu di Bali, Ketahui Makna dan Tradisinya

Hari raya umat Hindu di Bali yang paling familiar adalah perayaan Nyepi, sebab hari tersebut selalu diperingati sebagai Libur Nasional. Tapi, sebenarnya umat Hindu memiliki aneka ragam hari besar lainnya yang diadakan setiap tahun. Yuk, simak beberapa hari Raya umat Hindu di Bali beserta makna dan tradisinya berikut ini.

1. Hari Raya Galungan

Hari Raya Galungan yang diadakan setiap 6 bulan sekali oleh masyarakat Hindu di Bali memiliki makna agar tercipta keseimbangan alam semesta beserta seluruh isinya. Galungan juga bertujuan untuk mengendalikan hawa nafsu buruk yang mengganggu ketentraman jiwa.

Rangkaian ritualnya, seperti melaksanakan penyucian lahir dan batin, memberikan sesajen kepada Dewa, serta meminta perlindungan dan keselamatan. Perayaan Galungan di Bali juga identik dengan pemasangan penjor yang dibuat dari bambu untuk menghiasi depan rumah-rumah.

2. Hari Raya Nyepi


Perayaan Nyepi berdasarkan penanggalan kalender Saka ini sudah berlangsung sejak 78 Masehi lalu. Tujuannya yakni meminta permohonan kepada Tuhan YME untuk pembersihan dosa dari Bhuana Agung dan Bhuana Alit.

Selama Nyepi, umat Hindu termasuk turis Bali diwajibkan berdiam diri di rumah dan menghaturkan pemujaan kepada sang pencipta. Tradisi dimulai dengan Upacara Melasti untuk membersihkan diri di sumber air suci, berpantang menyalakan api, dan bersilaturahmi untuk mencapai keharmonisan.

3. Hari Raya Kuningan

Hari raya umat Hindu bernama Kuningan selalu diadakan masyarakat Bali sebagai pemujaan kepada Dewa Pitara. Perayaan yang disebut pula sebagai Tumpek Kuningan ini tujuannya untuk memohon perlindungan keselamatan dan keteguhan iman kepada sang Dewa.

Sebab, umat Hindu Bali percaya akan datang Dewa Pitara dan Bhatara hingga tengah hari. Adapun tradisi utamanya yaitu Upacara Mesuryak di Desa Pakraman Bongan Gede, Bali. Upacara penuh sukacita ini dilakukan dengan saling berebut uang yang ditebarkan acak di aula persembahan.

Dari berbagai hari raya umat Hindu di Bali tadi, sekarang Anda sudah tahu kan macam-macam tradisi dan maknanya? Nah, membahas mengenai dunia kerja, tenang saja ada cara agar tidak diphpin HRD, kok. EF Adults sebagai solusi program kursus Bahasa Inggris terbaik menyediakan berbagai program agar Anda semakin fasih berbahasa Inggris. Tersedia pula tutor native speaker yang siap membantu agar diterima interview kerja, yuk segera daftar!

Posting Komentar untuk "Hari Raya Umat Hindu di Bali, Ketahui Makna dan Tradisinya"