Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem Agar Tidak Mudah Sakit

tips menghadapi cuaca ekstrem

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) memperkirakan beberapa wilayah Indonesia akan dilanda cuaca ekstrem pada 27 Desember 2022 – 2 Januari 2023. Prakiraan cuaca ekstrem tersebut meliputi hujan lebat hingga sangat lebat, gelombang air laut yang tinggi dan adanya banjir pesisir atau ROB.

Dengan adanya peringatan dini dari BMKG tentang cuaca ekstrem ini, masyarakat diimbau waspada dan mengikuti arahan atau rekomendasi dari pihak yang berwenang. Sebenarnya, intensitas hujan tinggi menjelang akhir tahun bukan hal baru di Indonesia. Mengingat bulan Desember merupakan puncak musim hujan.

Meskipun demikian, cuaca ekstrem harus tetap kita hadapi dengan menerapkan gaya hidup sehat agar tidak mudah sakit. Berita Terkini memberikan beberapa tips hadapi cuaca ekstrem sebagai berikut:

Segera mandi setelah kehujanan

Penting sekali untuk kita ingat, segera mandi jika mengalami kehujanan saat perjalanan pulang. Sebab, penyakit bisa muncul dengan mudah saat tubuh mengalami perubahan suhu yang drastis.

Saat tubuh basah terkena air hujan, sebaiknya kita segera mandi dan keramas guna menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan.

Menggunakan pakaian yang tebal

Suhu dingin pada musim hujan kerap membuat seseorang lebih mudah terkena flu, apalagi jika kita sering berkegiatan di luar ruangan.

Oleh sebab itu, baik di dalam maupun luar rumah, biasakan membawa jaket, sweater atau cardigan tebal untuk menghangatkan tubuh ketika dibutuhkan. Selain itu, jangan lupa sedia payung atau jas hujan dalam tas.

Menjalankan pola makan yang sehat

Hujan-hujan memang nikmatnya sambil mengonsumsi mie instan. Tetapi tidak setiap hari juga mengonsumsinya, ya.

Di saat cuaca ekstrem seperti saat ini, justru kita perlu melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi buah atau sayur segar yang mengandung vitamin dan mineral, sehingga daya tahan tubuh juga meningkat. Pun, konsumsi air putih sesuai anjuran agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Rajin mencuci tangan

Musim hujan memang menjadi musim bakteri mudah berkembang biak. Bakteri inilah yang biasanya menyerang tubuh dan membuat kita jatuh sakit. Kuman dan bakteri bisa masuk ke dalam tubuh melalui tangan, seperti saat makan menggunakan tangan, menyentuh sesuatu dan lain-lain.

Maka dari itu, kita juga perlu rajin cuci tangan setiap baru tiba di rumah, setiap kali menyentuh barang, sebelum dan sesudah makan atau setiap kali setelah menyentuh toilet. Selalu bawa handsanitizier ke manapun kita pergi berjaga-jaga jika tidak ada wastafel tempat cuci tangan.

Olahraga yang teratur

Hujan memang sering menciptakan hawa dingin dan membuat kita malas melakukan kegiatan, apalagi olahraga. Namun, kita harus melawan rasa malas untuk berolahraga. Olahraga bisa melancarkan metabolisme serta menjaga berat badan.

Lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah, seperti yoga, push up, sit up dan sebagainya. Melakukan olahraga fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih yang berfungsi menyediakan pertahanan cepat dan kuat terhadap daerah tubuh yang mengalami peradangan.

Menjaga kebersihan lingkungan

Satu hal yang tak kalah penting, yakni membersihkan lingkungan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman maupun bakteri berkembang biak.

Misalnya, dengan mengubur sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, menutup penampungan air dan memotong ranting dan rumput yang terlalu rindang. Sebab, lingkungan teduh, lembap dan kotor akan menjadi sarang bagi nyamuk penyebab demam berdarah.

Perlindungan tambahan untuk tubuh

Jangan lupa pula berikan satu perlindungan tambahan yang bisa melindungi tubuh secara optimal. Bisa dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen peningkat daya tahan tubuh atau melakukan vaksinasi.

Untuk menghadapi cuaca ekstrem ini, cocok melakukan vaksinasi flu karena udara dingin dan kering menjadi penyebab virus influenza bisa bertahan lebih lama.

Itulah beberapa tips menghadapi cuaca ekstrem agar kita tetap terjaga kesehatannya. Dengan begitu, tahun baru bisa kita lewati dengan menyenangkan. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem Agar Tidak Mudah Sakit"