Penggunaan Present Perfect Tense Dalam Percakapan Sehari-Hari

penggunaan present perfect tense dalam percakapan sehari-hari

Dalam bahasa Inggris, setidaknya kamu akan mempelajari 16 bentuk tenses dan salah satunya adalah present perfect tenses contoh. Present perfect tenses merupakan pola kalimat (tenses) yang digunakan untuk menunjukkan kejadian atau peristiwa yang telah terjadi baru-baru, ini, sehingga akibat dari peristiwa tersebut masih bisa dilihat atau dirasakan sampai saat dibicarakan.

Misalnya, kamu baru saja memutuskan untuk pergi liburan ke Jepang minggu ini. Kamu bisa menggunakan present perfect tense seperti, “I have decided to go on a trip to Japan this weekend.” Ciri utama dari present perfect tense ini adalah penggunaan auxiliary ‘have/has’ dan kata kerja bentuk ketiga (Verb 3).

Selain itu, present perfect tense bisa juga digunakan untuk menyatakan pengulangan suatu kegiatan dari masa lalu atau peristiwa yang keterangan waktunya tidak diketahui secara pasti. Rumus present perfect tense di antaranya:

  • S + have/has + V3 (bentuk kalimat positif)
  • S + have/has + not + V3 (bentuk kalimat negatif)
  • Have/has + S + V3 + ? (bentuk kalimat interogatif)

Penggunaan ‘have/has’ di sini tergantung pronoun atau subjeknya. Jika menggunakan subjek I, you, they, we, maka menggunakan auxiliary ‘have’. Dan jika subjeknya adalah he, she, it maka menggunakan auxiliary ‘has’.

Penggunaan Present Perfect Tense Dalam Percakapan Sehari-hari

Kamu juga perlu mempelajari penggunaan present perfect tense dalam percakapan sehari-hari beserta contohnya. Berikut uraiannya.

a) Menyatakan peristiwa atau kejadian yang berlangsung di masa lalu dan masih berlangsung hingga sekarang. Biasanya, kalimat dengan konteks ini menggunakan ‘for’ yang berarti selama atau ‘since’ yang artinya sejak.
Contoh: I have learned violin for 2 years (aku belajar violin selama 2 tahun).

b) Menyatakan kejadian yang baru saja selesai. Seringnya menggunakan ‘just’ yang artinya baru saja.
Contoh: Eko has just texted me to ask for help (Eko baru saja mengirim pesan kepadaku untuk meminta bantuan).

c) Menyatakan pengulangan kegiatan yang terjadi di masa lalu sampai sekarang.
Contoh: Jerome has traveled so many places in Seoul so far (Jerome telah pergi ke banyak tempat di Seoul sejauh ini).

Itulah ulasan tentang present perfect tense dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari. Bagi yang ingin mempelajari Bahasa Inggris, khususnya contoh present perfect tense lebih jauh, ikut belajar saja di Pijar Belajar.

Pijar Belajar merupakan layanan OTT Edukasi Digital dari PT Telkom Indonesia yang sebelumnya layanan Indihome Study. Memiliki visi dan misi untuk membantu pemerataan pendidikan serta mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Dalam layanan ini, tersedia Buku Sekolah Elektronik, Soal Latihan Belajar dan Ujian serta Video Pembahasan.

Informasi selengkapnya tentang Pijar Belajar bisa dilihat melalui laman pijarbelajar.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Penggunaan Present Perfect Tense Dalam Percakapan Sehari-Hari"

List Blog Keren Rajabacklink