Penerapan Laser Cutting Dalam Berbagai Industri

penerapan laser cutting dalam berbagai industri

Mesin laser cutting paling identik sebagai sebuah inovasi dalam industri konstruksi dan manufaktur. Namun, kenyataannya mesin ini secara masif telah digunakan oleh beragam sektor industri. Mulai dari mebel, kerajinan, patung, perhiasan hingga sektor penerbangan.

Laser cutting merupakan teknik pemotongan material atau bahan baku dengan menggunakan sinar laser. Hasil pengerjaan yang presisi, halus dan tajam membuat banyak bidang perindustrian yang melirik alat ini dan mencarinya ke tempat jual mesin laser cutting terpercaya.

Berikut adalah beberapa industri yang menerapkan mesin laser cutting dalam proses produksinya. Simak baik-baik, ya!

Konstruksi dan Manufaktur

Biasanya, penerapan laser cutting di industri ini berupa pembuatan partisi ruangan, fasad bangunan, pagar rumah dan sebagainya. Material yang sering dipakai antara lain logam (besi atau aluminium) dan material non-logam (kayu).

Laser cutting sangat membantu untuk merealisasikan desain sekompleks apapun. Dengan hasil yang presisinya tingkat tinggi dan mampu mengerjakan banyak bagian dalam waktu cepat, tentunya penggunaan laser cutting akan mempercepat estimasi pengerjaan proyek.

Mebel dan Furniture

Laser cutting dalam industri mebel dan furniture berguna untuk menghasilkan berbagai perkakas ruangan berkualitas premium. Rata-rata, furniture yang melalui proses pemotongan laser mempunyai model dan ukuran yang terlihat rapi serta presisi.

Perkakas yang umumnya dibuat yakni meja, kursi, dekorasi ruangan, rak dinding dan masih banyak lagi. Materialnya terbuat dari kayu ataupun akrilik.

Seni Kerajinan

Industri seni kerajinan juga memanfaatkan teknologi satu ini. Karya yang paling banyak dibuat menggunakan mesin laser cutting ini berupa souvenir pernikahan dan wall art. Souvenir jadi terlihat lebih menarik karena desainnya kreatif.

Selain itu, mesin laser cutting juga mampu memproduksi souvenir pernikahan dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Untuk pembuatan wall art, laser cutting digunakan untuk memotong material kulit menjadi bentuk yang diinginkan. Hasilnya, jauh lebih rapi dan bernilai seni tinggi.

Otomotif

Dalam industri otomotif, laser cutting berguna untuk memproduksi suku cadang dengan cepat dan akurat. Alat tersebut akan dipakai untuk memotong material plastik dan logam sampai membentuk komponen kendaraan, mulai dari bagian body kendaraan, part elektronik hingga penutup body.

Fungsi grafir juga bermanfaat untuk membuat ukiran tombol kendaraan dan mencatat nomor seri komponen yang masuk ke bagian produksi.

Demikianlah ulasan mengenai penerapan mesin laser cutting dalam berbagai industri. Jika sedang mencari mesin laser cutting CO2, gunakan produk dari Maxipro, distributor mesin percetakan terlengkap dengan harga terbaik. Ada garansi resmi selama 1 tahun, lho!

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi websitenya di maxipro.co.id. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Penerapan Laser Cutting Dalam Berbagai Industri"