Tips Belajar Desain Grafis Untuk Pemula

Tertarik dengan desain grafis? Kamu bisa mempelajarinya, karena hal tersebut bisa menjadi jalan untuk mendapatkan keuntungan di dunia kerja. Dunia digital yang berkembang semakin pesat membuat desain grafis menjadi salah satu kemampuan yang diperhitungkan saat ini.

Tak hanya bekerja sebagai desainer grafis, desain juga diperlukan dalam berbagai pekerjaan lain, seperti social media specialist, web designer, dan sebagainya. Kamu bisa mempelajari desain grafis secara mandiri, mulai dari buku hingga internet.

Nah untuk menguji kemampuan, kamu juga bisa mengikuti sertifikasi Adobe Certified Professional. Nah, berikut ini beberapa tips belajar desain grafis untuk pemula yang bisa kamu ikuti untuk mengisi kegiatan luang. Simak baik-baik, ya! 

Belajar Dari Sekitar

Entah kamu akan mempercayai ini atau tidak, namun inspirasi setiap orang biasanya adalah apa yang ada di sekitar mereka. Teori ini pulalah yang membentuk seorang desainer untuk membuat desain yang condong pada gaya desain tertentu.

Meskipun begitu, mencari inspirasi yang seperti itu cenderung sulit, terlebih kalau di sekitarmu tidak ada yang menyukai desain. Oleh karena itu, kamu bisa mulai mengikuti beberapa graphic designer yang ada di media sosial. 

Kumpulkan Desain yang Menginspirasi

Kamu bisa mulai belajar desain dengan mengumpulkan beberapa karya orang yang kamu anggap menarik. Ini bisa berasal dari banyak sumber, mulai dari situs berbagi foto seperti Pinterest hingga Behence.

Jika kamu melakukan hal tersebut, secara tidak langsung akan menginspirasi kamu dalam membuat desain di masa depan. 

Bedah Proses Desain

Hal dasar yang perlu kamu pelajari dari desain grafis ialah membedah proses desain. Sebab, dalam setiap prosesnya, kamu akan belajar menggabungkan bentuk dan garis untuk membuat atau membentuk sesuatu.

Menganalisis hal ini akan membuatmu lebih memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menghasilkan sebuah karya. Lakukan bedah dalam setiap proses desain agar kreativitasmu juga semakin bekerja. 

Spesifikasi Pencarian

Masalah terbesar bagi seseorang yang memutuskan belajar desain grafis tanpa guru ialah ketika mengalami suatu kesulitan. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena ada mesin pencari yang bisa membantumu saat mulai membuat desain sendiri.

Masukkan kalimat spesifik tentang apa kesulitan yang sedang kamu hadapi agar kendala tersebut bisa langsung kamu kerjakan atau perbaiki lagi. 

Buat Ulang Desain Terbaik

Jika ingin belajar desain grafis, cobalah untuk membuat ulang desain orang lain yang menurutmu merupakan karya terbaiknya. Lakukan terus-menerus hingga kamu bisa membuat karya yang persis sama dengan orang tersebut.

Namun, kamu hanya membuat ulang desain orang yang kamu gemari, bukan untuk menyebarluaskan dan mengklaim bahwa itu adalah karya milikmu.

Nah, jika kamu ingin mendalami dunia desain dan menjadikannya sumber pendapatan, sertifikasi Adobe ini cocok kamu gunakan sebagai sertifikasi untuk freelance. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut atau langsung mengikuti ujiannya di MyEduSolve. Sebab, banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mengikuti ujian sertifikasi di sana. Kamu jadi lebih terlihat kredibel di mata para calon klien dibanding dengan freelance yang belum bersertifikasi.

Posting Komentar untuk "Tips Belajar Desain Grafis Untuk Pemula"