5 Alasan Mengapa Kuliah di Turki Sangat Diminati

Menuntut ilmu di luar negeri merupakan impian bagi setiap orang di seluruh dunia. Termasuk negara lintas benua, sebutan untuk negara Turki menjadi salah satu destinasi para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

Sekitar 178 ribu mahasiswa asing tersebar di lebih dari 200 perguruan tinggi, baik di kampus negeri maupun swasta di Turki. Pemerintah Turki mengharuskan jumlah mahasiswa internasional untuk bertambah.

Mereka menargetkan menjadi tuan rumah mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Turki pada tahun 2022 mendatang. Berikut ini beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan kamu melanjutkan pendidikan di Turki. Yuk langsung kita simak!

Beberapa Universitas di Turki masuk dalam jajaran terbaik dunia

Di antara ratusan perguruan tinggi yang ada di Turki, sejumlah universitas masuk dalam jajaran terbaik dunia versi QS World University Rankings yang layak untuk kamu pertimbangkan jika berkeinginan kuliah di Turki. Berikut daftarnya.

a. Koç University
Universitas milik swasta ini menduduki peringkat pertama di Turki sebagai universitas terbaik versi QS World University Rankings. Secara global, Koç University berada di peringkat 465. Universitas ini menawarkan beberapa jurusan seperti kedokteran dan science, baik di tingkat S1, S2, S3.

b. Sabanci University
Salah satu universitas di Istanbul ini mendapat peringkat sangat baik dari QS World University Rankings atas penelitian-penelitian yang dilakukan.

c. Middle East Technical University
Selain membuka jurusan teknik, universitas ini juga membuka beberapa jurusan ilmu sosial seperti ekonomi dan bisnis, pendidikan dan sebagainya. Terdapat 85 ribu mahasiswa dari penjuru dunia memilih Middle East Technical University sebagai tempat mereka menempuh pendidikan. 

Beasiswa dari beragam institusi

Soal biaya kuliah, kamu tidak perlu khawatir sebab beberapa institusi memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing yang hendak berkuliah di sana. Program ‘Turkey Scholarship’ menjadi salah satu program beasiswa yang telah menerima 42 ribu permohonan beasiswa dari seluruh dunia. 

Biaya pendidikan relatif terjangkau

Biaya pendidikan yang terjangkau juga menjadi salah satu daya tarik untuk orang yang ingin kuliah di Turki. Di Sabanci University misalnya, biaya kuliah pada tahun ajaran 2020/2021 sebesar 19.500 USD per tahun untuk semua jurusan dan bisa berkurang jika mendapatkan beasiswa Turki.

Lebih murah lagi jika kamu memilih universitas milik pemerintah, karena kamu hanya perlu membayar 450 sampai 1.500 USD per semesternya.

Biaya hidup relatif murah

Beberapa universitas di Turki ada juga yang menyediakan asrama bagi para mahasiswa asing, salah satunya adalah Middle East Technical University yang biayanya berkisar 30 hingga 300 USD.

Salah satu konsultan pendidikan di Turki menghitung biaya hidup yang mahasiswa asing keluarkan selama satu bulan di Turki sekitar 400 – 500 USD termasuk makanan, telepon, internet, dan berwisata.

Turki menjadi destinasi wisata terkenal

Jika kuliah di Turki, kamu juga akan mendapatkan bonus dengan menikmati beragam wisata yang ada di sana. Sekitar 40 juta turis dari berbagai negara diperkirakan berkunjung ke negara ini setiap tahun untuk berwisata ke setiap destinasi menarik yang ada.

Nah sobat, hebat bukan apabila kita bisa kuliah di Turki. Untuk itu, yukk miliki rencana dan berusaha untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah ke Turki. Salah satunya dengan mengikuti bimbingan di platform Schoters. Cek selengkapnya di https://blog.schoters.com/beasiswa-turki-2021-turkiye-burslari/.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Mengapa Kuliah di Turki Sangat Diminati"