7 Usaha Sampingan Bagi Karyawan yang Menambah Penghasilan

usaha sampingan karyawan

Menjadi karyawan tidak membuat kalian tidak bisa melakukan bisnis sampingan. Akan tetapi, banyak karyawan yang takut untuk memulai usaha karena dianggap harus memiliki modal besar. Apabila ada yang ingin membuka usaha, mereka meminjam uang ke bank sebagai modal awal. 

Namun, apabila pinjaman tidak dikelola dengan baik, bisa menjadi beban usaha yang sudah berjalan. Bukannya menambah penghasilan, malah jadi stres dan pening memikirkan cicilan dan bunga pinjaman yang harus dibayar, 

Namun, kamu tak perlu khawatir lagi karena sudah banyak bisnis sampingan yang bisa dilakukan dengan modal yang minim. Dilansir dari Money Radar Blitar, berikut adalah beberapa rekomendasi usaha sampingan bagi karyawan, yuk disimak! 

Bisnis Sampingan Karyawan Penambah Penghasilan 

Jasa Laundry 

Banyak orang yang saat ini ingin serba praktis, termasuk dalam urusan mencuci dan menyetrika pakaian. Nah, peluang tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai usaha sampingan bagi karyawan ,yaitu memulai jasa laundry. Kamu perlu mempertimbangkan target pasar agar mendapatkan keuntungan.

Seperti misalnya mencari tempat yang ditinggali banyak mahasiswa dan pekerja swasta atau negeri. Karena, mereka adalah target terbesar dalam usaha ini. Modal yang digelontorkan pun tak sampai lebih dari 10 juta rupiah. 

Menjual Pulsa Elektrik dan Paket Internet 

Ide bisnis satu ini termasuk yang menjanjikan karena meningkatnya pengguna ponsel atau smartphone. Kebutuhan pulsa dan kuota internet sangat diperlukan, khususnya bagi para pelajar yang masih menerapkan pembelajaran secara online. 

Jika ingin memulai bisnis pulsa, kamu bisa memilih pulsa elektrik untuk tahap awal sebab hanya perlu diaktifkan lewat smartphone sehingga tidak merepotkan. Modal yang perlu disiapkan juga tidak banyak. Kamu bisa mencari konsumen di lingkungan rumah atau lingkungan kerja. 

Berjualan Online 

Online shop yang semakin menjamur membuat banyak orang memilih membeli barang kebutuhan di sana karena lebih mudah dan praktis. Kamu bisa menjadikan hal ini sebagai peluang untuk memulai bisnis sampingan. Banyak jenis produk yang dapat dijual secara online, seperti pakaian, kosmetik, mainan anak, dan lain sebagainya. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih media yang digunakan untuk berjualan. Lewat sosial media, e-commerce, atau membuat website sendiri. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan banyak modal, kamu bisa memilih untuk menjadi reseller atau dropshipper. 

Jasa Penerjemah 

Di era komunikasi global, menuntut para pengusaha untuk menawarkan produk atau jasa dengan berbagai bahasa. Kamu bisa mengambil kesempatan ini apabila menguasai beberapa bahasa asing. Cukup dengan kemampuan berbahasa asing, usaha ini sudah mendatangkan penghasilan lebih. 

Kamu bisa mencari job penerjemah melalui berbagai situs online. Biasanya, jasa yang banyak dicari ialah untuk menerjemahkan dokumen penting, makalah, jurnal, dan sebagainya. Pekerjaan ini juga tidak terlalu menyita waktumu sebagai karyawan, sehingga tidak perlu khawatir pekerjaan utamamu menjadi terganggu. 

Jasa Jahit atau Permak Pakaian 

Bagi kamu yang memiliki keahlian menjahit, usaha ini bisa kamu jadikan pilihan untuk menambah penghasilan. Jasa permak hanya bersifat membetulkan pakaian atau celana, misalnya pakaian yang terlalu besar, celana yang sobek, atau celanan yang terlalu panjang. 

Apabila jadwalmu sebagai karyawan sangat padat, kamu bisa mencoba membuka jasa jahit atau permak pakaian di hari libur. Karena usaha ini termasuk dalam jenis jasa, maka modal yang kamu keluarkan juga tidak terlalu besar. 

Bisnis Pesanan Makanan (Delivery Order) 

Peluang ini bisa kamu manfaatkan sebagai usaha sampingan jika memiliki keterampilan dalam memasak. Kamu bisa memulai konsep bisnis DO tanpa perlu banyak modal karena tidak perlu menyewa tempat. Target pasar yang bisa kamu jangkau adalah para pekerja yang sibuk di kantor dan tak sempat membeli makanan di luar, atau mahasiswa yang ingin makan dengan praktis tanpa perlu memasak. 

Makelar Properti 

Di lingkungan tempat tinggalmu, ada perumahan atau apartemen baru? Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi makelar properti. Langkah pertama yang harus dilakukan tentu bekerja sama dengan pihak pemasaran properti, sehingga kamu tahu batas profit atau bonus yang akan didapat apabila berhasil menjual satu unit atau lebih. 

Modal yang diperlukan hanya berupa kepercayaan, baik dari pemilik maupun calon pembeli properti. Kamu juga harus memiliki sedikit ilmu pemasaran agar lebih lancar dalam menawarkannya. 

Itulah beberapa rekomendasi usaha sampingan bagi karyawan yang bisa kamu jalankan mulai sekarang. Agar sukses, jangan lupa untuk menyusun business plan terbaik.

Posting Komentar untuk "7 Usaha Sampingan Bagi Karyawan yang Menambah Penghasilan"

List Blog Keren Rajabacklink