5 Tips Mudah Membuat Aplikasi Toko Online

tips membuat aplikasi toko online

Di era digital seperti sekarang, memiliki aplikasi toko online bisa menjadi salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Dengan aplikasi toko online, pelanggan bisa dengan mudah membeli produk Anda kapan saja dan di mana saja.

Namun, membuat aplikasi toko online mungkin terdengar rumit bagi sebagian orang. Ada beberapa yang meminta bantuan jasa pembuatan aplikasi, atau membuat aplikasinya secara mandiri.

Berikut adalah 5 tips mudah untuk membantu Anda membuat aplikasi toko online secara mandiri yang efektif dan menarik. Yuk langsung disimak!

Tentukan Platform dan Teknologi yang Tepat

Langkah pertama dalam membuat aplikasi toko online adalah memilih platform dan teknologi yang sesuai. Anda bisa memilih antara platform Android, iOS, atau bahkan keduanya. Selain itu, pilihlah teknologi pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Jika Anda baru memulai, Anda bisa menggunakan platform pembuat aplikasi seperti Shopify, WooCommerce, atau Magento yang menyediakan berbagai template dan fitur e-commerce.

Desain yang Menarik dan Responsif

Desain aplikasi toko online sangat penting untuk menarik perhatian pelanggan. Pastikan desain aplikasi Anda menarik, mudah digunakan, dan responsif di berbagai perangkat.

Gunakan warna, font, dan gambar yang sesuai dengan brand Anda. Selain itu, pastikan navigasi dalam aplikasi mudah dipahami dan tidak membingungkan pengguna.

Optimalkan Proses Checkout

Proses checkout yang rumit dapat membuat pelanggan lebih memilih membiarkan belanjaannya tetap di keranjang. Oleh karena itu, pastikan proses checkout dalam aplikasi Anda mudah dan cepat.

Minimalisir jumlah langkah yang harus dilakukan pelanggan untuk menyelesaikan pembelian. Tambahkan opsi pembayaran yang beragam seperti kartu kredit, transfer bank, dan e-wallet untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan.

Integrasikan Fitur Pelacakan Pesanan


Fitur pelacakan pesanan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena mereka bisa mengetahui status pengiriman produk yang mereka beli.

Integrasikan sistem pelacakan pesanan dalam aplikasi Anda sehingga pelanggan bisa memantau pesanan mereka secara real-time. Ini juga membantu mengurangi jumlah pertanyaan atau keluhan mengenai status pengiriman.

Lakukan Uji Coba dan Perbaikan Secara Berkala

Sebelum meluncurkan aplikasi toko online Anda, lakukan uji coba untuk memastikan semua fitur berfungsi dengan baik. Minta beberapa orang untuk mencoba aplikasi Anda dan berikan feedback.

Gunakan feedback tersebut untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Setelah aplikasi diluncurkan, lakukan pemeliharaan dan update secara berkala untuk memastikan aplikasi tetap berjalan optimal dan mengikuti tren teknologi terbaru.

Membuat aplikasi toko online memang membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Jika Anda merasa kesulitan untuk membuatnya sendiri, Bestada sebagai jasa pembuatan aplikasi bisa menjadi solusi yang tepat.

Bestada menyediakan layanan pengembangan perangkat lunak custom yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. 

Dengan tim profesional dan berpengalaman, serta teknologi terkini, jasa pembuatan aplikasi web satu ini siap membantu bisnis Anda bertransformasi melalui solusi perangkat lunak yang inovatif dan efisien.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman bestada.co.id. Yuk kembangkan aplikasi toko online Anda bersama Bestada!

Posting Komentar untuk "5 Tips Mudah Membuat Aplikasi Toko Online"