Jangan Sampai Salah Pilih Warna Toren yang Cocok untuk Rumah Kalian

toren air 1000 liter
source: pennyu.co.id

Menentukan kapasitas toren yang bervariasi dari toren air 1000 liter hingga 5000 liter untuk ditaruh di rumah adalah salah satu hal penting. Namun, hal penting lainnya yang perlu dipikirkan adalah pemilihan warna sebuah toren air yang ternyata dapat mempengaruhi kualitas air di dalamnya lho.

Meski jarang diketahui oleh banyak orang, ternyata efek yang ditimbulkan dari perbedaan warna antara 1 toren dengan warna toren lainnya bisa jadi signifikan lho. Terdapat beberapa pertimbangan terkait pentingnya warna toren yang dapat kalian simak berikut ini.

1. Warna toren dapat mempengaruhi kualitas air

Banyak yang bilang bahwa warna terbaik untuk sebuah toren adalah warna gelap, tapi di sisi lain juga ada yang bilang bahwa warna terang juga bagus. Namun jika dipahami lagi, toren berwarna gelap ternyata masih lebih baik ketimbang toren berwarna terang. 

Hal ini karena toren berwarna gelap cenderung menyerap sinar matahari sehingga kualitas air di dalam toren tidak akan terpengaruh dari luar.

2. Mempengaruhi kecepatan pertumbuhan lumut

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sinar ultraviolet atau sinar matahari akan lebih mudah terserap jika menggunakan toren berwarna gelap, sehingga pertumbuhan lumut di dalam toren berwarna gelap akan cenderung lebih sedikit ketimbang toren berwarna terang karena sedikitnya cahaya yang masuk. Sehingga toren berwarna gelap lebih unggul dalam hal ini.

3. Pemilihan lokasi letak toren

Pemilihan letak atau lokasi toren akan menentukan apakah kalian perlu memilih toren berwarna gelap ataupun terang. Jika kalian meletakkan toren kalian di dalam rumah atau di tempat yang tertutup, maka warna apapun yang kalian pilih akan cocok-cocok saja. 

Namun, beda cerita jika toren kalian berada di bagian luar rumah dan terkena paparan sinar matahari secara langsung, maka toren berwarna gelap adalah pilihan yang tepat untuk ini. Tentu saja alasannya karena penyerapan sinar UV atau sinar matahari yang lebih baik pada toren berwarna gelap.

4. Pertimbangan cat ulang

Jika kalian terlanjur membeli toren berwarna terang dan harus diletakkan di area yang terkena sinar matahari secara langsung, maka pertimbangkan untuk melakukan cat ulang bagian luar toren menjadi warna gelap agar lebih tahan lama dan tidak ditumbuhi lumut dengan cepat. Hal ini tidak perlu dilakukan jika kalian memakai toren yang sudah berwarna gelap.

5. Perawatan rutin yang harus dilakukan

Hal ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, toren berwarna terang atau cerah akan cenderung lebih cepat ditumbuhi oleh lumut sehingga perawatannya harus lebih rutin dilakukan ketimbang toren air berwarna gelap.

Itu dia beberapa pertimbangan yang harus kalian pikirkan tentang warna toren yang kalian pilih. Meski memiliki banyak variasi dari ukuran dan warna, kalian tetap harus selektif dalam memilih toren yang cocok ditaruh di rumah kalian ya.

Posting Komentar untuk "Jangan Sampai Salah Pilih Warna Toren yang Cocok untuk Rumah Kalian"