Tips Sukses Lolos Wawancara Beasiswa MEXT Scholarship 2024

tips lolos wawancara beasiswa MEXT Scholarship
source: jukuprivat.com

Melanjutkan studi di Jepang merupakan impian sebagian besar pelajar Internasional. Jika kamu tertarik untuk berkuliah di Jepang, kamu bisa mencoba mengikuti beasiswa MEXT Scholarship.

Beasiswa MEXT atau nama lainnya Monbukagakusho adalah beasiswa yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi para pelajar lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan program Sarjana serta mahasiswa yang sudah memiliki gelar S1 yang ingin lanjut ke S2 maupun S3. Pendaftaran beasiswa MEXT dilakukan setiap satu tahun sekali.

Di tahun 2024 ini, diperkirakan akan mulai sekitar bulan April sampai Mei 2024. Kamu akan mengikuti rangkaian seleksi yang meliputi ujian tulis, ujian wawancara, hingga persiapan berangkat ke Jepang. 

Artikel kali ini akan mengulas lengkap bagaimana tips sukses agar lolos wawancara beasiswa MEXT Scholarships.

Tips Lolos Seleksi Wawancara Beasiswa MEXT Scholarship

Adapun beberapa tips lolos seleksi wawancara beasiswa MEXT Scholarship ialah sebagai berikut:

Kenali Tujuan Beasiswa dan Alasan Mendaftar

Pertama-tama, kamu harus tahu dan paham apa tujuan dari beasiswa MEXT. Beasiswa ini memiliki misi untuk mendorong pertukaran budaya serta mendukung pendidikan dan penelitian di berbagai ilmu pengetahuan tingkat internasional.

Saat tes wawancara, tunjukkan bahwa kamu punya visi yang sejalan dengan tujuan beasiswa MEXT tersebut. Ceritakanlan rencanamu untuk berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, budaya, atau hubungan antara Indonesia dengan Jepang.

Selain tujuan beasiswa, kamu pun harus memahami alasanmu sendiri ketika mendaftar beasiswa, universitas, dan bidang studi pilihan. Dengan memahami tujuan beasiswa dan alasan kamu mendaftar, kamu jadi bisa menyiapkan jawaban yang lebih matang, jelas, dan percaya diri.

Pahami Pertanyaan dan Siapkan Jawaban

Wawancara beasiswa MEXT Scholarships biasanya dilakukan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, tergantung program studi yang kamu pilih. Namun, lebih sering menggunakan bahasa Inggris.

Jadi, kamu bisa mulai menyiapkan jawaban dalam bahasa Inggris. Pertanyaan yang biasanya diajukan adalah pertanyaan umum hingga spesifik. Mulai dari riwayat pendidikan, pengalaman riset, dan rencana kamu setelah lulus.

Terkadang, pertanyaannya juga bisa yang tidak terduga. Misalnya, seperti isu terkini di Jepang atau pertanyaan pribadi untuk mengetes karakter atau kepribadianmu. Buat jawaban yang unik, jelas dan pastinya jujur. Jangan terlalu melebih-lebihkan jawaban yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Selipkan Pengalaman Tentang Jepang

Apabila kamu mempunyai pengalaman atau cerita tentang Jepang yang relevan dan memotivasimu untuk melanjutkan studi di sana, jangan ragu untuk menyelipkannya di jawaban atas pertanyaan yang diajukan.

Misalnya, pengalaman kamu saat berkunjung ke Jepang, belajar budaya Jepang, atau ikut lomba bahasa Jepang. Dengan begitu, ini akan menunjukkan minat dan effort kamu untuk mengenal lebih dalam tentang Jepang, dan membuat penyeleksi bisa mempertimbangkanmu untuk lolos.

Latihan Wawancara

Jangan lupa selalu latihan wawancara dengan teman, keluarga, atau bisa di depan cermin. Latih juga cara penyampaian jawabanmu. Mulai dari intonasi, gestur, sampai kontak mata.

Semakin sering berlatih, maka semakin kamu lebih percaya diri dan lancar waktu wawancara yang sesungguhnya.

Tinggalkan Kesan yang Baik

Tips yang tidak kalah penting adalah pastikan kamu meninggalkan kesan yang baik. Tunjukkan bahwa kamu merupakan calon penerima beasiswa yang percaya diri, namun tetap sopan dan ramah.

Pastikan penampilanmu terlihat rapi dan formal. Saat masuk ruangan, kamu bisa membungkukkan badan sebagai budaya penghormatan dan baru duduk ketika dipersilakan. 

Kamu juga bisa menggunakan beberapa sapaan dalam bahasa Jepang saat memerkenalkan diri, seperti konnichiwa, hajimemashite, dan arigato gozaimasu.

Demikianlah beberapa tips agar bisa lolos wawancara beasiswa MEXT Scholarship 2024. Lakukan persiapan yang lebih matang bersama Kobi Education. Bersama mentor yang expert, kamu akan dibimbing mulai dari A – Z, termasuk persiapan wawancara.

Kunjungi laman kobieducation.com untuk informasi selengkapnya. Yuk kejar beasiswa dengan sat set bersama Kobi Education!

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Lolos Wawancara Beasiswa MEXT Scholarship 2024"