Wajib Tahu! Inilah Manfaat Doa Qunut yang Luar Biasa

manfaat doa qunut

Menurut Mahzab Syafi’i, membaca Doa Qunut termasuk perbuatan sunnah ab`ad atau sunnah yang jika tidak kita lakukan maka tidak akan membatalkan suatu ibadah dan tidak menimbulkan dosa. 

Apabila kita ingin membaca doa qunut dengan lafal ‘Allahummahdini’ tetapi tidak hafal. Maka kita bisa menggantinya dengan mengucapkan ‘Rabbana Atina Fiduniyah Hasanah’. Doa qunut yang disunahkan terdapat tiga macam, yakni qunut subuh, qunut witir pada setengah akhir bulan Ramadhan, dan qunut nazilah. 

Ketahuilah bahwa membaca Doa Qunut saat salat subuh bisa memberikan manfaat yang luar biasa, lho. Salah satunya kita terhindar dari berbagai keburukan yang ada. Mau tahu manfaat Doa Qunut yang bisa kita rasakan jika mengamalkannya? Simak ulasan berikut ini, ya. 

Mendapat Perlindungan Allah 

Hanya Allah lah yang mampu memberikan perlindungan kepada kita di mana dan kapan saja. Dalam Doa Qunut, kita secara tidak langsung memohon perlindungan Allah dari berbagai macam penyakit dan bahaya. 

Dalam Surah Ghafir ayat 60, Allah berfirman “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu”. 

Mendapatkan Keberkahan Hidup di Dunia 

Dalam kalimat Doa Qunut, kita juga memohon keberhakan dari Allah. Semua hal yang sudah Allah berikan semua Allah memberkahinya. Baik berupa usia, harta benda, usia, pekerjaan, istri, maupun anak. 

Menghindarkan Diri dari Kejahatan 

Doa Qunut juga menjadi salah satu doa untuk memohon agar Allah jauhkan diri kita dari berbagai macam kejahatan. Sesungguhnya Allah merupakan Dzat yang Maha menentukan apa yang harus terjadi pada umat-Nya. 

Mendapatakan Pembelaan dan Kemuliaan 

Terdapat potongan doa qunut yang menjelaskan bahwa Allah akan membela orang yang terhina saat mereka mau mengamalkan doa qunut dengan rutin. Tidak hanya pembelaan, seseorang yang membacanya akan memperoleh kemuliaan. 

Mendapat Petunjuk 

Sebagian ulama berpendapat bahwa doa qunut bukan hanya meminta pentujuk. Akan tetapi, doa meminta agar kita masuk dalam golongan orang yang Allah beri jalan agar terhindar dari berbagai kesesatan. 

Menjauhkan Diri dari Keburukan 

Ketika kita mengerjakan doa qunut, berarti kita juga sedang memohon agar Allah jauhkan dari semua keburukan. Bahkan dari ketentuan yang buruk sekalipun. Hal ini karena tidak ada yang bisa menghindarkan kita dari itu semua kecuali atas izin Allah. 

Nah, itulah beberapa manfaat Doa Qunut jika kita mau mengamalkannya. Untuk bacaan doa qunut beserta terjemahannya bisa kita akses di www.ashefanews.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu! Inilah Manfaat Doa Qunut yang Luar Biasa"