Tata Tertib Perpustakaan Sekolah yang Wajib Dipatuhi

tata tertib perpustakaan sekolah

Bagi siswa/i yang punya hobi membaca, perpustakaan adalah tempat favorit untuk menghabiskan waktu ketika jam istirahat atau ada jam kosong di sekolah. Terdapat banyak jenis buku yang tersimpan dalam rak perpustakaan besi yang bisa kamu baca. Tidak harus buku pelajaran, kamu bisa membaca buku-buku bergenre fiksi yang disediakan pihak sekolah.

Membaca banyak buku bisa menambah ilmu serta memperbanyak kosakata bahasamu. Namun, saat berkunjung ke perpustakaan, kamu harus mematuhi tata tertib yang ada. Berikut ini adalah beberapa tata tertib yang umum digunakan di perpustakaan sekolah. Simak baik-baik, ya!

Dilarang Bawa Jaket atau Tas

Peraturan pertama, pengunjung atau siswa tidak boleh membawa jaket maupun tas ke dalam perpustakaan sekolah. Kamu bisa menitipkan tas, jaket atau barang lainnya pada penjaga perpustakaan untuk sementara waktu.

Beberapa perpustakaan sekolah memberikan fasilitas rak yang bisa digunakan setiap siswa untuk meletakkan tas dan berbagai macam barang bawaan. Manfaatkan rak tersebut sebagai upaya mematuhi peraturan sekolah.

Dilarang Makan dan Minum

Baik staf atau pengunjung perpustakaan, dilarang membawa makanan atau minuman ke perpustakaan sekolah. Perpustakaan adalah tempat yang biasa digunakan untuk membaca buku dan mencari beragam sumber pengetahuan. Tidak etis rasanya jika perpustakaan digunakan sebagai tempat makan dan minum.

Alasan dilarang membawa makanan dan minuman ialah karena terkadang siswa tidak membuang sisa makan pada tempatnya. Hal tersebut tentunya akan membuat perpustakaan menjadi kotor dan tidak nyaman dijadikan tempat belajar.

Wajib Menjaga Ketenangan

Para pengunjung perpustakaan sekolah wajib menjaga ketenangan, keamanan serta ketertiban. Jangan sekali-kali kamu berteriak atau bercanda dengan teman ketika di dalam perpustakaan.

Pasalnya, kamu bisa mengganggu orang lain yang membutuhkan ketenangan dan konsentrasi di perpustakaan.

Dilarang Bawa Buku Keluar Perpustakaan Tanpa Izin

Tata tertib perpustakaan lainnya adalah setiap siswa maupun staf dilarang membawa buku keluar dari perpustakaan tanpa izin. Tindakan tersebut bisa dibilang sebagai mencuri atau membawa buku tanpa izin.

Kamu harus meminta izin kepada penjaga perpustakaan apabila ingin meminjam atau membawa buku keluar dari perpustakaan. Setelah didata, kamu bebas meminjamnya namun jangan lupa perhatikan tanggal pengembaliannya.

Itulah beberapa tata tertib yang umum tertulis di perpustakaan sekolah. Bagi yang ingin membeli rak perpustakaan sekolah baru, beli saja di Tokojadi. Selain rak, tersedia perlengkapan alat tulis kantor lain yang mungkin juga kamu butuhkan.

Semua produknya berkualitas dengan harga yang terjangkau. Langsung saja kunjungi tokojadi.net untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tata Tertib Perpustakaan Sekolah yang Wajib Dipatuhi"