Ketahui Bacaan Doa Qunut Beserta Terjemahannya

bacaan doa qunut dan terjemahannya

Doa Qunut pada dasarnya merupakan doa yang dibaca secara sunnah ketika melaksanakan salat. Terutama pada salat subuh dan salat witir yang dilakukan di akhir bulan Ramadan. Selain menjadi pelengkap, doa qunut juga bisa dianggap sebagai doa untuk memohon berkah, ampunan dan perlindungan dari Allah SWT. 

Biasanya, bacaan doa qunut akan diucapkan sambil berdiri tegak. Hukumnya sunnah, meskipun sebagian besar masyarakat Indonesia melakukannya, sehingga terlihat seolah-olah sebagai hal wajib. Berikut ini adalah bacaan doa qunut beserta terjemahannya. Simak baik-baik, ya! 

Bacaan Doa Qunut 

Allah hummah dinii fiiman hadait, 

Wa’afini fiman ‘afait, 

Watawallani fiman tawal-laiit, 

Wabaariklii fiimaa a’thait, 

Waqinii syarramaa qadhait, 

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik, 

Wainnahu laayadzilu man walait, 

Walaa ya’izzu man ‘aadait, 

Tabaarakta rabbanaa wa ta’ala, 

Falakalhamdu ‘alaa maa qodhoit, 

Astaghfiruka wa atuubu ilaik, 

Washallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi, wa alaa aalihi wa shahbihi wa sallam. 

Terjemahannya: 

“Ya Allah, beri kami petunjuk sebagaimana orang yang sudah Engkau berikan petunjuk. Berilah kami kesehatan sebagaimana orang yang sudah Engkau berikan kesehatan, berilah kekuasaan kepada kami sebagaimana orang yang sudah Engkau berikan kekuasaan.

Berikanlah berkah pada barang yang sudah Engkau berikan kepada kami. Jagalah kami dari keburukan barang yang sudah Engkau pastikan. Sesungguhnya, Engkau Dzat yang menetapkan dan tidak ada seorang pun yang menetapkan Engkau. 

Sesungguhnya, tiada ada hina bagi orang yang Engkau beri kekuasaan dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau Ya Tuhan kami, Maha Suci Engkau dan Maha Luhur Engkau. 

Bagi Engkau segala puji atas barang yang sudah Engkau tentukan. Aku mohon ampun dan taubat kepada-Mu. Semoga Allah memberikan rahmat, berkah, dan salam atas Nabi kita Muhammad SAW, keluarganya serta sahabatnya.” 

Macam-Macam Doa Qunut 

Mungkin sebagian besar orang masih belum tahu ada beberapa macam doa qunut. Adapun macam-macam doa qunut ialah sebagai berikut: 

  • Doa Qunut Nazilah. Biasanya, dibaca setelah melakukan gerakan ruku’ atau i’tidal pada rakaat terakhir salat. Hukumnya sunnah hai’ah, artinya jika lupa tertinggal maka kamu tidak disunnahkan untuk bersujud sahwi. 
  • Doa Qunut Witir. Ada beberapa pendapat yang mengatakan doa qunut witir ini dilakukan pada rakaat ketiga sebelum ruku’ di setiap salat sunah. Ada pula yang berpendapat doa qunut witir dilakukan setelah ruqu’ dan pendapat-pendapat ulama lainnya. 
  • Doa Qunut pada Rakaat Kedua Salat Subuh. Bacaan doa qunut ini telah dituliskan di atas. Biasanya dibaca pada rakaat kedua salat subuh setelah ruku’. Hukumnya sunnah. 

Itulah bacaan doa qunut dan terjemahannya serta macam-macamnya. Informasi selengkapnya bisa dilihat di ashefanews.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Ketahui Bacaan Doa Qunut Beserta Terjemahannya"