Mengulas Jenis-Jenis Valve Industri

Dalam sistem perpipaan dasar rumah maupun industri, baik untuk air, minyak, atau gas akan membutuhkan valve atau katup. Keberadaan valve ini sangat membantu untuk menekan maupun mengatur tekanan fluida.

Namun, katup mempunyai jenis yang berbeda dengan masing-masing jenisnya yang tugas serta cara kerjanya harus Anda ketahui. Valve industri sendiri merupakan perangkat kecil namun peranannya sangat penting dalam industri. Jenis katup yang paling umum digunakan adalah Butterfly Valve, Gate Valve, Ball Valve, Plug Valve dan Globe Valve. Mari simak penjelasan singkat dari beberapa jenis valve tersebut di bawah ini! 

Beberapa Jenis Valve atau Katup Industri 

Butterfly Valve

Jenis pertama adalah Butterfly Valve, yang terdiri dari dayung dan saluran yang bentuknya mirip dengan cakram. Anda bisa mendapatkannya di tempat jual valve terpercaya di lamindo.co.id. Dayung tersebut nantinya bisa berputar untuk membuka atau menutuo saluran fluida. Jenis valve ini termasuk dalam tipe katup isolasi yang hanya bisa membuka juga menutup saluran total.

Tak jarang dayung akan mengganggu apabila posisinya sejajar dengan aliran fluida. Butterfly Valve didesain untuk mengatur aliran, membuat kapabilitas kontrolnya jadi lebih terbatas. Namun, pengoperasiannya sangat mudah, hanya perlu memutar pegangan atau handle sebesar 90 derajat.

Valve ini juga bisa Anda kontrol dengan menggunakan remot dan hanya digunakan pada aliran yang besar. Akurasinya juga tinggi, sehingga cocok untuk keperluan industri. Biasanya, jenis satu ini digunakan pada industri farmasi terutama bahan kimia atau pengolahan makanan. 

Gate Valve

Nama lain Gate Valve adalah isolation valves atau on off valves, karena memang dirancang untuk menjadi isolator. Jenis ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah atau di tempat komersial terlebih bahannya juga beragam, mulai dari baja tahan karat, baja paduan, besi cor hingg baja tempa.

Valve ini bisa Anda gunakan untuk menutup maupu membuka aliran fluida total tanpa adanya presisi tertentu. Prinsip kerja Gate Valve meliputi pengangkatan sekaligus penutupan gate. 

Ball Valve

Anda pun harus mengenal Ball Valve yang memiliki valve housing, metal casting dan juga ball. Sehingga, prinsip kerjanya saat katup Anda gerakkan, maka bola akan berputar dan alirannya akan terbuka akibat lubang yang bergerak searah.

Ball valve sering digunakan untuk mengontrol aliran. Nantinya, valve ini akan bekerja dengan menyesuaikan lubang yang ada pada bola, sehingga mampu mengalirkan atau menghentikan fluida. Jenis valve satu ini adalah pilihan yang tepat apabila digunakan untuk mengatur gas dengan segel yang kuat.

Demikianlah beberapa jenis valve yang harus Anda ketahui. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli di PT Lamindo Prima Mandiri yakni industrial distribution, services dan calibration. Untuk informasi lebih lanjut, langsung saja hubungi di nomor +62 254 781 5008 atau kunjungi lamindo.co.id.

Posting Komentar untuk "Mengulas Jenis-Jenis Valve Industri"