Kelebihan Investasi Syariah yang Sesuai Dengan Ekonomi Islam

Investasi Syariah

Islam merupakan agama yang selalu mengajarkan kebaikan dan mendorong umatnya untuk terus melakukan serta memilih yang terbaik dalam berbagai aspek kehidupan. Untuk itulah, Islam tidak hanya fokus pada sesuatu yang berkaitan dengan ibadah, namun juga mengatur hubungan antar sesama manusia, baik individu maupun berkelompok.

Inilah yang menyebabkan banyak orang kini sering sekali mendengar istilah ekonomi yang berkaitan dengan keuangan syariah. Pengertian dari ekonomi keuangan syariah atau ekonomi Islam ini adalah suatu sistem ekonomi serta keuangan yang sesuai dengan hukum Islam yang ada, termasuk mengatur tentang investasi.

Secara sederhana, investasi merupakan salah satu cara dalam meningkatkan pendapatan. Dengan melakukan investasi, kamu jadi bisa mencapai kebebasan finansial tanpa perlu khawatir soal inflasi. Sisi lainnya, investasi merupakan jawaban buat kamu yang mempunyai rencana masa depan, seperti membeli rumah, mobil, liburan, melanjutkan pendidikan, dan sebagainuya. 

Kelebihan Investasi Sesuai Syariah

Sebelum memulai untuk menjalani investasi Islam, alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa kelebihan investasi dengan skema syariah. Berikut ini beberapa kelebihan investasi sesuai syariah agar kamu semakin yakin untuk memulai investasi tersebut. 

Investasi Telah Sesuai Syariat

Investasi yang berskema syariah tentu telah berlandaskan tuntunan Al-Qur’an dan hadits. Dalam praktiknya, mode investasi satu ini mengutamakan syariat-syariat Islam, termasuk di antaranya produk yang diinvestasikan tidak mengandung unsur haram, pengerjaannya dengan cara halal serta digunakan dengan cara yang halal juga. 

Prosesnya Transparan

Selanjutnya, adalah aman dan bebas dari kasus penipuan. Investasi ini sangat menjunjung tinggi prinsip transparansi dalam setiap prosedur perlaksanaannya.

Sehingga, setiap orang bisa mengetahui keuntungan dari prosedur investasi tersebut tanpa takut akan penipuan yang memang tengah marak terjadi saat ini. 

Bebas Dari Unsur Haram

Produk investasi dari investasi Islam sudah jelas sangat halal. Hal ini terjadi sebab semua kegiatan atau unsur riba tidak akan diterapkan pada jenis investasi satu ini.

Oleh karena itu, umat muslim bisa mendapatkan keuntungan tersendiri karena bisa melakukan investasi dengan cara yang halal. 

Transaksi Bebas Riba

Yang terakhir, adalah bebas dari riba. Seperti yang telah dijelaskan di poin-poin sebelumnya, bahwa investasi Islam menjalankan prinsip-prinsip syariat Islam dalam setiap prosedurnya dan tidak mengandung riba.

Sehingga, investasi kamu aman dan membuat hati tenang karena terbebas dari dosa riba. Dalam Islam, riba dan bunga adalah suatu hal yang diharamkan dalam muamalah, sehingga kamu patut menghindarinya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa kelebihan dari investasi berdasarkan syariah. Dengan begitu, kamu jadi tidak perlu takut berinvestasi pada umumnya karena telah dijamin halal dan bebas dari riba. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Kelebihan Investasi Syariah yang Sesuai Dengan Ekonomi Islam"