Tips Agar Anak Tetap Fokus Saat Sekolah Online

Tips Agar Anak Tetap Fokus Saat Sekolah Online

Sekolah online selama pandemi tentu saja membuat anak-anak cukup merasa kurang fokus karena kegiatannya monoton. Di sekolah offline, anak belajar bersama teman-teman dan banyak melakukan aktivitas lainnya. Sementara ketika sekolah di rumah secara online, memaksa anak untuk hanya berinteraksi guru dan teman-temannya melalui smartphone ataupun komputer.

Kebosanan terhadap sekolah online ini tidak terelakkan lagi dan otomatis membuat anak jadi sulit fokus. Bagi orang tua, maka anda harus membantu anak untuk tetap fokus belajar dengan mengikuti beberapa tips berikut. 

Buat Jadwal Kegiatan

Alangkah orang tua cukup aktif untuk membantu anak agar tidak merasa kebosanan saat sekolah di rumah. Misalnya orang tua membantu anak untuk membuat jadwal apa saja yang harus dikerjakan ketika daring. Misalnya setelah belajar daring, usahakan anak untuk mengerjakan PR hari itu juga.

Hal ini supaya untuk PR di hari berikutnya tidak menumpuk. Apalagi setiap hari ada banyak pelajaran. Untuk jadwal ini bisa dibuat harian atau mingguan. Orang tua perlu fokus untuk mengawasi anak. 

Buat Ruangan Yang Nyaman

Untuk anak saat belajar di rumah maka kenyamanan adalah harus menjadi nomor satu. Untuk itu, Anda bisa membuat ruangan khusus belajar yang nyaman bagi anak. Bisa membuatnya di kamar atau agar anak tidak bosan maka anda bisa menguruskan ruangan di luar kamar untuk anak belajar.

Ruangan ini harus tetap nyaman dan dibersihkan jangan sampai banyak barang berserakan. Ajak anak untuk membersihkan ruang belajar, merapikan buku dan perlengkapan belajar daring. Untuk catatan hal penting anda bisa mengajarkan anak menggunakan sticky notes atau mencatat hal-hal penting tersebut di smartphone dengan catatan handphone yang punya tema imut dan lucu. 

Bantu Anak Tetap Fokus

Saat sekolah online maka anda harus bantu anak tetap fokus dengan menghindarkannya dari gangguan. Jika anak punya ruangan sendiri untuk belajar maka harus dihindarkan dari suara TV, notifikasi handphone orang tua yang mengganggu, game dan juga mainan.

Simpan hal-hal yang mengganggu tersebut, jauh dari jangkauan anak selama mengikuti kelas online dan juga saat mengerjakan PR. Dengan begitu maka anda bisa membuat anak tetap fokus dengan pelajaran nya. 

Anak Harus Tetap Istirahat

Hal selanjutnya yang juga perlu untuk diperhatikan bahwa anak harus tetap punya waktu istirahat. Setelah masuk kelas online dan mengerjakan PR, anak harus punya jadwal untuk istirahat. Karena jika anak terus belajar tanpa istirahat akan membuat fokusnya menjadi hilang.

Selain waktu istirahat anak juga harus punya waktu bermain meskipun hanya sedikit. Kedua hal ini bisa membantu anak tetap punya kesehatan mental yang baik. Waktu istirahat dan juga waktu bermain yang cukup, membantu anak untuk tetap bisa menyerap pelajaran dan punya semangat yang baik keesokan harinya. 

Di antara 4 poin di atas yang bisa membentuk anak untuk tetap fokus belajar saat daring, manakah yang sudah anda terapkan? Karena sekolah online adalah keharusan di masa pandemi, mau tidak mau orang tua harus punya peran yang sangat aktif membantu anak tetap belajar secara efektif meski belajar dari rumah. 

Belajar secara online tentu saja berkaitan dengan teknologi yang canggih. Untuk itu, sebuah platform yang diberi nama Pijar Sekolah melakukan inovasi dengan aplikasi yang membantu anak untuk memiliki kualitas belajar secara digital dan terpadu. 

Pijar Sekolah menghadirkan banyak konten digital yang sifatnya edukatif. Mulai dari buku digital interaktif hingga video pembelajaran. Terdapat pula aplikasi ujian berbasis komputer atau USBA yang bisa dibilang aplikasinya sama dengan aplikasi UNBK. Untuk informasi lebih lengkap mengenai platform Pijar Sekolah, anda bisa kunjungi pijarsekolah.id.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Anak Tetap Fokus Saat Sekolah Online"

List Blog Keren Rajabacklink