Tips Menulis Artikel Blog yang Bagus dan Menarik

Triplus Web - Seiring berjalannya waktu, blog telah mempunyai banyak fungsi selain sebagai tempat menulis cerita sehari-sehari. Blog kini bisa digunakan untuk kepentingan personal branding dan sarana pemasaran bisnis.

Akan tetapi, Anda tentu harus bisa menulis konten blog yang bagus dan menarik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Lantas, bagaimana cara menulis artikel blog yang bagus? Yuk simak tips berikut ini! 

Menentukan Fokus Blog

Sebelum Anda mulai menulis blog, tentukan terlebih dahulu fokus blog. Ada bermacam-macam fokus yang bisa dipilih, seperti cerita perjalanan, tips-tips bermanfaat, review film, atau mengangkat tema isu-isu sosial. Blog yang memiliki fokus tertentu akan lebih mudah untuk Anda kelola. 

Menggunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Apa yang Anda rasakan ketika membaca sebuah artikel yang isinya berbelit-belit dan menggunakan kalimat yang kurang dimengerti? Pasti gemas bukan main.

Maka, hindari hal tersebut agar pengunjung blog Anda tetap membaca artikel yang telah Anda tulis. Artikel yang ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, akan membuat pengunjung lebih nyaman ketika membaca. 

Memperhatikan Format Konten

Selain menggunakan bahasa yang mudah dipahami, cara menulis artikel blog yang bagus adalah dengan memperhatikan format konten. Sama dengan tulisan lainnya, artikel blog umumnya terdiri dari tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup.

Namun, tingkat attention-span dari para pembaca online tidak sepanjang pembaca koran atau buku. Anda bisa menarik perhatian pembaca dengan menuliskan pembuka yang membuat mereka melanjutkan kegiatan membaca artikel. Bisa menggunakan quotes, pertanyaan, atau judul yang membuat penasaran. 

Menambahkan Gambar/Visual

Pembaca akan mudah tertarik dengan artikel yang menyertakan gambar atau visual yang indah nan estetik. Maksud visual yang estetik ialah, gambar yang rapi, indah, dan senada dnegan keseluruhan tema blog.

Anda bisa menggunakan ilustrasi, foto-foto dari internet, atau kreasi grafis tulisan sederhana. Jangan lupa untuk memperhatikan hak ciptanya, ya! 

Membaca Artikel di Blog Lain

Agar kemampuan menulis Anda semakin terasah, cobalah untuk membaca-baca artikel di blog lain. Anda akan mendapatkan informasi, inspirasi, dan pengetahuan baru yang membuat Anda semakin lancar menuliskan artikel yang bagus dan bermutu.

Demikianlah beberapa cara menulis artikel blog yang bagus serta menarik. Untuk informasi menarik lainnya seputar blogging, Anda bisa membacanya di https://www.ipung.net/. Selamat mencoba, ya!

1 komentar untuk "Tips Menulis Artikel Blog yang Bagus dan Menarik"

  1. Gambar atau visual menurutku penting banget untuk sebuah blog post, tujuanya supaya pembaca tidak cepet bosen baca artikel kita

    BalasHapus